Home / News / Panwas Terkendala Anggaran Belum Cair

Panwas Terkendala Anggaran Belum Cair

Panwaslu sudah mengajukan nama calon anggota kepada BKD sebagai syarat pencairan, namun belum disetujui.

Daus VIS – Meski sudah dianggarkan dalam APBD 2015 untuk kegiatan pengawasan pilkada sebesar Rp. 9,7 milyar, namun anggaran tersebut masih belum bisa dicairkan karena terbentur masalah administrasi berupa belum tersedianya tenaga sekretaris dan bendahara panwaslu. Ketua Panwaslu Banyuwangi, Atim Hariyadi kepada VIS FM pada Selasa siang (26/5) mengatakan bahwa sejak dilantik dan menempati kantor baru di jalan Dokter Soetomo Banyuwangi, panwas sudah melakukan berbagai kegiatan yang memakan anggaran cukup besar, seperti proses rekruitmen panwascam. Untuk melaksanakan kegaiatan yang suah masuk tahapan pilkada tersebut, panwas menggunakan dana talangan dari pihak ketiga.

Atim sudah mengajukan sejumlah nama calon sekretaris dan bendahara panwaslu kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banyuwangi, namun masih belum mendapat persetujuan dari pemerintah daerah. Belum turunnya SK sekretaris dan bendahara panwaslu tersebut jelas menghambat proses pencairan dana pengawasan pilkada. Oleh karena itu ia sangat berharap pemerintah daerah segera menyetujui usulan nama sekertaris dan bendahara panwaslu yang diajukan guna memperlancar proses pengawasan pemilukada Banyuwangi.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (bakesbangpol) Banyuwangi, Djafri Yusuf mengatakan bahwa transfer anggaran pengawasan dana hibah untuk pengawasan pilkada akan dilakukan melalui rekening bakesbangpol kepada rekening panwaslu. Namun persyaratan pencairan anggaran pengawas pilkada tersebut harus dilakukan oleh sekretaris dan bendahara panwaslu, sehingga panwaslu harus memiliki SK sekretaris dan bendahara terlebih dahulu baru anggarannya bisa ditransfer.

About farizkurnia

Check Also

Kunjungi Agro Expo, Mendes PDT Apresiasi Upaya Banyuwangi ini

radiovisfm.com, Banyuwangi – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *