Home / News / Pemkab Minta Pers Sukseskan Pilkada

Pemkab Minta Pers Sukseskan Pilkada

Insan pers menjadi pengawas dan fungsi kontrol melalui pemberitaan yang mencerdaskan masyarakat.

Daus VIS – Wiyono selaku asisten Administrasi Pembangunan dan kesra di pemkab Banyuwangi, pada Selasa siang (26/5) membuka acara Sarasehan Wartawan Media Cetak dan Elektronik di Aula Bank Jatim Banyuwangi. Wiyono menuturkan bahwa pers berkewajiban memberikan pendidikan politik guna mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat, utamanya saat pemilu. Pers juga diminta untuk memberikan sosialisasi politik secara obyektif dan berimbang, demi meningkatkan kesadaran politik masyarakat hingga bisa meningkatkan angka partisipasi politik warga saat pemilu.

Dalam kesempatan itu, Wiyono yang hadir mewakili bupati Banyuwangi tersebut juga berpesan agar mewaspadai gerak gerik PNS saat pemilukada mendatang dan melaporkan bila ada PNS yang terlibat poltik dukung mendukung calon, karena fungsi PNS adalah abdi masyarakat yang harus netral dan tidak memihak salah satu calon, termasuk Abdullah Azwar Anas yang akan maju kembali dalam pemilukada mendatang. Sementara itu, direktur Radar Banyuwangi yang menjadi narasumber dalam sarasehan siang itu mengatakan bahwa bila melihat kekuatan politik calon Incumbent saat ini, ada kekhawatiran calon tunggal yang muncul dalam Pemilukada mendatang, sehingga berpotensi pemilu gagal digelar.

Samsudin berpesan agar pers sebagai salah satu pilar demokratsi turut mendorong tokoh yang memiliki kualitas untuk maju dalam pilkada, termasuk mendorong munculnya calon independen agar tercipta dua calon bupati dan wakil bupati untuk berkompetisi dalam pilkada mendatang.

Sarasehan yang digelar oleh Bakesbangpol tersebut bertema “Peran Pers Mensukseskan Pilkada 2015 Yang Damai dan Berkualitas”, dengan narasumber bupati Banyuwangi dan Samsudin Adlawi serta diikuti oleh puluhan wartawan dari media cetak dan elektronik di Banyuwangi.

About farizkurnia

Check Also

Kunjungi Agro Expo, Mendes PDT Apresiasi Upaya Banyuwangi ini

radiovisfm.com, Banyuwangi – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *