Home / News / Pemkab Pinjam Pakai Lahan Untuk Rest Area Ijen

Pemkab Pinjam Pakai Lahan Untuk Rest Area Ijen

Hal ini sebagai tindak lanjut dugaan pungutan liar yang terjadi di ruas jalan menuju Kawah Ijen

Ilex VIS – Pemerintah daerah akan meminjam pakai lahan seluas 10 hektar untuk rest area kendaraan bermotor bagi wisatawan yang akan naik ke gunung kawah Ijen, menyusul masih maraknya aksi pemalakan yang di lakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa untuk mengatasi kembali terjadinya aksi pemalakan kepada wisatawan yang akan naik ke gunung kawah Ijen, pemkab Banyuwangi saat ini sedang meminta tanah untuk pinjam pakai milik PT. Lider seluas 10 ha. Separuh tanah tersebut akan dijadikan rest area yang mengharuskan semua kendaraan bermotor baik bus maupun mobil pribadi berhenti. Pemerintah daerah menyiapkan dormitory dan hotel serta para UMKM yang menjual produk hasil kerajinan mereka. Bagi wisatawan yang akan naik ke kawah Ijen diatur menggunakan kendaraan tertentu sehingga kendaraan mereka di parkir di rest area.

Bupati Anas menegaskan bahwa hal ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam jangka panjang. Sedangkan dalam jangka pendek, pemkab Banyuwangi bersama jajaran forum pimpinan daerah menginginkan tidak ada lagi kasus pemalakan yang dilakukan oleh oknum tertentu kepada wisatawan. Kepolisian, TNI AD, dan TNI AL diminta menurunkan anggotanya untuk bersama sama menjaga keamanan wisatawan.

Bupati Anas juga mengeluhkan adanya sebagian masyarakat di kawasan pantai Pulau Merah kecamatan Pesanggaran yang dinilai berperilaku buruk kepada wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Tugas dan tanggung jawab semua pihak untuk memperbaiki situasi di kawasan pantai Pulau Merah. Dengan adanya berbagai peristiwa yang kurang baik di sejumlah tempat wisata tersebut, bupati Anas menyimpulkan bahwa perilaku SDM masyarakat Banyuwangi harus terus di jaga seiring dengan peningkatan pariwisata.

About farizkurnia

Check Also

Kunjungi Agro Expo, Mendes PDT Apresiasi Upaya Banyuwangi ini

radiovisfm.com, Banyuwangi – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *