Kapolres juga akan menurunkan hinga 2/3 total personel kepolisian Banyuwangi

Guna keamanan pemudik saat arus mudik dan balik lebaran, polres banyuwangi menambah jumlah pos pengamanan beserta jumlah personel kepolisian yang bertugas. Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama mengatakan bahwa pihaknya menambah jumlah pos pengamanan dari tahun sebelumnya, yang tersebar mulai dari wilayah Kalibaru yang berbatasan dengan Jember hingga ke Wongsorejo yang berbatasan dengan Kabupaten Situbondo. Kapolres juga menambah jumlah personel kepolisian yang berjaga di masing-masing pos pengamanan maupun di sejumlah titik rawan kemacetan dan kriminalitas.

Untuk setiap pos pengamanan akan disiagakan 8 orang personel kepolisian yang dibantu sejumlah pihak terkait. Mereka berjaga selama 24 jam non stop secara bergantian. Dari sekian banyaknya pos yang disiagakan oleh kepolisian, yang menjadi prioritas pengamanan adalah pos pengamanan di area pelabuhan ketapang. Saat masa arus mudik dan balik lebaran dipastikan volume penumpang kapal akan meningkat segnifikan yang menyebabkan terjadinya kemacetan dan antrian panjang kendaraan bermotor. Dibutuhkan pengamanan ketat dari aparat kepolisian guna menghindari adanya aksi kriminalitas dari para pelaku kejahatan, yang memanfaatkan moment kemacetan arus mudik maupun balik lebaran.

Selain dari kepolisian, pengamanan di masing-masing pos juga melibatkan anggota TNI AD dan TNI AL, serta pihak pemerintah daerah khususnya Dinas Perhubungan. Kapolres mengaku menurunkan dua pertiga dari kekuatan kepolisian yang ada di Polres Banyuwangi dari total personel kepolisian yang ada saat ini sebanyak 1.077 orang.

Dari data yang ada, sebelumnya pos pengamanan yang disiagakan oleh kepolisian di wilayah banyuwangi selama masa angkutan lebaran adalah sebanyak 9 pos. Untuk tahun 2015 ini, pos yang ada menjadi 10 hingga 12 pos pengamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *