Latihan Koreografi melibatkan para pelatih tari yang cukup profesional.

IlexVIS- Kegiatan Banyuwangi Etno Carnival sudah memasuki tahap latihan koreografi untuk seluruh peserta. Latihan ini digelar selama dua hari di GOR Tawang Alun, Senin dan Selasa (28-29/09) dengan melibatkan para pelatih tari yang cukup profesional. Kasi informasi budaya dan wisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Ainur Rofiq mengatakan bahwa semua peserta dari masing-masing sub tema BEC tahun 2015 ini baik Mupus Braen blambangan, Sekar Kedaton Wetan maupun Sembur Kemuning.

Tahapan kegiatan pada tanggal 30 esok adalah presentasi kesiapan kostum dari para peserta, yang diupayakan harus mencapai antara 60 sampai 70 persen. Presentasi tahap pertama ini juga dihadiri oleh para budayawan untuk penilaian dan evaluasi. Kostum dari peserta harus sudah dalam kondisi 100 persen karena pada tanggal 8 oktober akan dilakukan presentasi tahap akhir sekaligus dilakukan penilaian kembali.

Masing-masing peserta akan berjalan di atas catwalk di sepanjang jalan veteran pada tanggal 8 nanti, dengan bentuk yang hampir sama dengan catwalk saat pelaksanaan BEC pada 17 oktober mendatang. Rofiq menceritakan, dari berbagai tema BEC yang ditampilkan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini, tidak ada satu pun tema yang dianggap sulit untuk divisualisasikan oleh para peserta. Pihak dinas kebudayaan dan pariwisata terlebih dahulu meminta masukan dan koreksi dari para budayawan, sekaligus mempresentasikan bentuk dasar kostum dari tema yang bersangkutan. Selanjutnya, kostum akan dikoordinasikan dengan para desainer.

Banyuwangi Etno Carnival tahun ini akan digelar pada Sabtu 17 Oktober 2015 dengan start Taman Blambangan dan finish di depan kantor Pemkab Banyuwangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *