Tari Gandrung yang diunjukkan akan menceritakan bagaimana menjaga tradisi agraris di Indonesia agar bangsa ini bisa mandiri dalam hal pangan.

Ilex VIS- Ratusan pelajar yang terlibat dalam pagelaran Gandrung Sewu yang akan tampil dihadapan presiden Jokowi, pada peringatan HUT ke 44 Korpri di lapangan kodam V Brawijaya Surabaya, dilepas langsung oleh Sekrertaris Daerah, Slamet Karyono. Pelepasan ini dilaksanakan di halaman stadion Diponegoro pada Kamis (26/11). Pelajar SD hingga SMA sebanyak 800 orang tersebut diangkut 15 unit bus.

Menurut Sekda Slamet Karyono, ratusan penari tersebut akan menginap di asrama haji Sukolilo Surabaya. Ratusan pelajar tersebut akan tampil dihadapan presiden Jokowi dan seluruh gubernur se-Indonesia serta anggota KORPRI Propinsi Jawa Timur dan perwakilan berbagai Dewan Pengurus KORPRI Provinsi se-Indonesia, pada Senin (30/11).

Presiden Jokowi diagendakan menjadi Inspektur Upacara HUT KORPRI dengan Komandan Upacara Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penampilan Gandrung Sewu pada HUT KORPRI ini merupakan pilihan langsung Presiden Jokowi. Sebelumnya Pemprov Jawa Timur mengajukan beberapa pilihan kesenian tradisional unggulan dari berbagai daerah. Hal ini merupakan kebanggaan bagi pemerintah daerah sebab bisa menjadi ajang promosi kebudayaan Banyuwangi hingga ke tingkat international karena nantinya acara ini dihadiri oleh tamu kehormatan dari luar negeri.

Sementara itu, Tari Gandrung yang dibawakan bertema Kemandirian Pangan dengan koreografer Sumitro Hadi. Seperti pada pagelaran Gandrung Sewu yang biasa digelar di Banyuwangi, tarian ini akan dibawakan dengan megah dan dihiasi fragmen drama. Tari ini akan menceritakan bagaimana menjaga tradisi agraris di Indonesia agar bangsa ini bisa mandiri dalam hal pangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *