Ilex VIS- Kabupetan Banyuwangi menggelar International BMX Competition 2016 yang diikuti ratusan peserta dari 9 negara. Setidaknya sebanyak 328 pembalap dari manca negara akan saling beradu kehandalan dalam event bergengsi, yang baru pertama kali diselenggarakan. Untuk peserta dari Thailand sebanyak 3 tim, Malaysia 2 tim, Timor Leste, Denmark, Australia, Jepang, Swiss dan Portugal masing masing 1 tim. Dan untuk jumlah peserta setiap tim adalah antara 30 sampai 40 orang. Sementara Indonesia menurunkan 20 tim,dengan jumlah pembalap 300 orang.

International BMX competition telah masuk kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI) dan digelar pada 2 – 3 April 2016 di sirkuit Muncar yang ada di desa Kedung Rejo kecamatan Muncar Banyuwangi. Sehingga bagi pembalap kejuaraan ini bisa menjadi ajang menambah poin sebelum mengikuti kejuaraan internasional seperti Olympiade. Sirkuit BMX Muncar memiliki lintasan sepanjang 350 meter dengan lebar yang bervariasi, yakni 10 meter untuk single dan 12 meter untuk double. Lintasan tersebut memiliki 17 tanjakan (jumping) dengan ketinggian yang bervariasi, mulai 0,5 meter hingga 2,25 meter, dengan sudut kemiringan 75 derajat.

Plt kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga banyuwangi, Wawan Yatmadi mengatakan, kejuaraan tersebut dibagi dalam dua kategori yakni provinsi dan internasional yang terdiri dari 16 kelas. Yakni Challenge Boys usia 5-6 tahun, 7-8 tahun, 9-10 tahun, 11-12 tahun, 13-14 tahun, 15-16 tahun, Challenge Girls usia 6-8 tahun, 9-10 tahun, 11-12 tahun, 13-14 tahun, dan usia 15-16 tahun, serta Challenge Men, Junior Men & Women, Elite Men dan Woman. Menurut Wawan, dari total peserta yang masuk terdata peserta Elite Men mencapai 30 pembalap, dan Women Elite 11 pembalap. Angka ini dinilai terbanyak, karena kejuaraan dunia rata rata di kelas elite hanya sekitar 25 pembalap. Sementara untuk jurinya adalah dari UCI, yakni dari negara Australia dan Malaysia. Wawan menambahkan, International BMX competition 2016 memadukan antara Sport Tourism – Culture. Yaitu, kegiatan olah raga yang di sepanjang jalan di lokasi kegiatan, ditampilkan berbagai kesenian dan budaya Banyuwangi.

Race Director International BMX Competition 2016, Dadang Haries Purnomo mengatakan, sejumah atlit nasional BMX andalan Indonesia dipastikan turut berlaga. Sebut saja Elga Kharisma Novanda, pembalap putri BMX asal Malang, dan Tony Syarifudin. Pembalap luar negeri pro BMX dunia juga berpartisipasi, seperti Jimmy Therkelsen asal Denmark dan pembalap Jepang, Taka Sampei. Dadang yang juga merupakan pelatih tim nasional pembalap BMX dankepala bidang BMX Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia atau PB ISSI tersebut menambahkan, pembalap Jimmy Therkelsen sudah masuk level top dan baru saja bertanding di kejuaraan Argentina lalu langsung terbang ke Banyuwangi. Ajang International BMX Competition 2016 di Banyuwangi merupakan salah satu cara atlet BMX guna menambah poin untuk bisa berlaga di Olimpiade Musim Panas atau Olimpiade Rio 2016 di Brazil pada 5 – 21 Agustus mendatang.(i/f/n)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *