Home / News / Pengesahan Raperda Ketertiban Umum Terancam Molor

Pengesahan Raperda Ketertiban Umum Terancam Molor

Daus VIS- Pembahasan materi raperda Keteriban Umum dan Ketentraman Masyarakat masih belum ada titik temu antara pansus dan eksekutif, terkait perijinan usaha toko modern di Banyuwangi, sehingga pengesahan yang direncanakan hari Jumat besok terancam molor.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh ketua pansus raperda ketertiban umum dan ketentraman masyarakat sofiyandi susiyadi pada rabu siang, usai menggelar rapat internal pansus di gedung dewan.

Sofiyandi menuturkan, eksekutif masih ngotot mengusulkan untuk membuka ijin baru pendirian toko modern yang terintegrasi dengan fasilitas social lain, dengan syarat pendiriannya diatas lahan minimal seluas 1,5 hektar dan letaknya sejauh 4 kilometer dari pasar tradisional. Sedangkan pansus menginginkan, toko modern yang wara laba dilranag untuk berdiri di banyuwangi, namun memperbolehkan toko modern yang berdiri sendiri milik warga banyuwangi sendiri. Hal itu bertujuan untuk membuka ruang investasi warga lokal.

Namun demikian kata sofiyandi, pembahasan raperda ketertiban umum ini, juga masih belum ada kesepahaman di internal pansus, karena sebagian mendukung usulan eksekutif terkait pendirian toko modern dan sebagian menolaknya. Tarik ulur di internal ini, membuat pembahasan raperda inisiatif dewan ini alot.

Pansus dan eksekutif baru sepakat salah satu draft terkait penerpana retribusi pada penambang pasir yang sudah mengantongi ijin, dengan meberlakukan nilai pokok wajib pajak daerah atau NPWPD pada penambang pasir.

Ketua pansus raperda ketertiban umum, sofiyandi menambahkan, dalam perda tentang ketertiban umum ini juga mengatur tentang penyelenggaraan tempat hiburan. Dalam raperda tersebut, hanya mengijinkan pendrian tempat karaoke keluarga, dengan ketentuan kaca dan pintunya transparan yang terlihat dari luar.(d/f)

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *