Home / News / BPK Motivasi Pemkab Pertahankan WTP

BPK Motivasi Pemkab Pertahankan WTP

Kepala BPK Jawa Timur melakukan kunjungan sekaligus supervisi ke Kabupaten Banyuwangi

Ilex VIS – Badan Pemeriksan Keuangan atau BPK perwakilan jawa timur memotivasi pemkab Banyuwangi untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) murni yang telah diraih Banyuwangi selama tiga tahun berturut-turut. Sebagai bentuk motivasi tersebut, kepala BPK perwakilan Jawa Timur, Novian Herodwijanto melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi sekaligus melakukan supervisi. Kunjungan ke Banyuwangi ini merupakan bagian dari agenda rutin untuk memantau tim audit BPK yang sedang melakukan pemeriksaan keuangan daerah di setiap kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Saya datang kesini untuk melakukan supervisi terhadap tim kami yang melakukan pemeriksaan keuangan Pemkab Banyuwangi tahun 2015. Ini memang rutin kami lakukan, sekaligus sebagai bentuk silaturrahim dengan Bupati Banyuwangi,” kata Novian saat ditemui Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Lounge Pemkab Banyuwangi.

Pemeriksaan keuangan yang dilakukan tim BPK meliputi semua program, termasuk salah satunya agenda wisata Banyuwangi Festival. Pemkab dinilai berhasil menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan Banyuwangi Festival. Pendanaan Banyuwangi Festival tidak hanya dibiayai dari anggaran pemerintah daerah, namun juga melibatkan pihak ketiga dalam pelaksanaannya. Pemkab juga berhasil menyajikan sebuah laporan pertanggungjawaban keuangan daerah dengan memasukkan pendanaan dari pihak lain tersebut.

“Banyuwangi Festival kan juga melibatkan pihak lain di luar pemda, namun Banyuwangi ternyata berhasil menyajikan laporan keuangannya dengan baik. Ini kami apresiasi, apalagi dengan skema seperti itu Banyuwangi berhasil mempertahankan opini WTP murni selama 3 tahun berturut-turut. Ini prestasi yang harus dipertahankan, dan semoga berulang di laporan keuangan anggaran tahun 2015,” ungkap Novian.

Tim BPK Perwakilan Jatim sudah 4 minggu terdiri atas 4 orang sudah berada di Banyuwangi yang akan menuntaskan pemeriksaan selama 1 bulan ke depan.

“Pemeriksaan ini memang merupakan program dari BPK Perwakilan Jatim. Setiap semester satu setelah menerima laporan keuangan dari daerah harus dilakukan audit. Seperti Banyuwangi yang telah menyerahkan laporan keuangannya akhir Maret lalu, pada awal Mei atau akhir Juni nanti sudah bisa diketahui hasilnya,” beber Novian.

Kunjungan BPK ini mendapatkan sambutan baik dari Bupati Anas.

“Saya senang Banyuwangi bisa dikunjungi, dilakukan pemeriksaan secara detail atas laporan keuangan yang kita buat. Dengan begitu kita akan terpacu untuk menyusun laporan keuangan secara cermat. Harapannya Banyuwangi bisa meraih WTP lagi, dan tentunya kita pun harus terus meningkatkan kinerja kita agar lebih baik lagi,” ujar bupati Anas.

About farizkurnia

Check Also

Kunjungi Agro Expo, Mendes PDT Apresiasi Upaya Banyuwangi ini

radiovisfm.com, Banyuwangi – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *