Pemeriksaan meliputi kelayakan dan masa berlaku surat pinjam pakai senjata selama setengah tahun.

Ilex VIS- Kelayakan senjata api yang dipegang personil kepolisian menjadi perhatian Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto. Usai memimpin apel di Mapolres Banyuwangi Senin (30/5) pagi, petinggi Korps Bhayangkara di Bumi Blambangan tersebut mengadakan pemeriksaan senjata api bersama Wakapolres Kompol M. Yusuf Usman kepada para anggota polres maupun polsek yang melibatkan petugas Propam Polres Banyuwangi.

Fokus pemeriksaan meliputi kelayakan dan masa berlaku surat pinjam pakai senjata selama setengah tahun. Senjata yang surat masa berlakunya telah habis akan ditarik dan disimpan di gudang Sarpras Polres Banyuwangi. Untuk bisa menggunakannya lagi, para personil diharuskan mengikuti serangkaian tes, termasuk psikologi. Bila lulus maka anggota itu berhak mengajukan pinjam pakai senjata dan sebaliknya.

Pengetatan pinjam pakai senjata ini untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam menggunakan senjata api agar tidak melukai orang yang tidak bersalah maupun dirinya sendiri. Menurut Wakapolres Kompol M. Yusuf, Senjata harus dipergunakan sesuai peruntukkan yakni melumpuhkan pelaku kejahatan yang mengancam jiwa orang lain.

“Jadi harus sesuai, melumpuhkan penjahat, itu saja harus ada tembakan peringatan. Tidak boleh menggunakan senjata secara sembarangan. Makannya harus lulus tes,” ujar Kompol M. Yusuf

Pemeriksaan senjata api anggota rutin dilakukan meskipun jangka waktu yang digulirkan secara acak, dengan harapan penyalahgunaan senjata api oleh anggota bisa dicegah sehingga tidak menimbulkan korban

Pemeriksaan senjata api Senin (30/5) pagi ini tidak ditemukan pelanggaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *