Bila masih Bermasalah, jadwal PPDB akan diperpanjang hingga Rabu (29/6) pukul 24.00.

Ilex VIS- Proses Pendaftaran Peserta Didik baru (PPDB) 2016 melalui jalur on-line di Banyuwangi mengalami berbagai kendala hingga hari kedua pendaftaran Selasa (28/6) pagi ini. Wali murid mengaku khawatir dengan status anak mereka.

Seperti yang dikeluhkan oleh Angga warga Singojuruh yang harus lebih pagi untuk datang ke kantor Dinas Pendidikan jalan KH. Agus Salim Banyuwangi guna mendapatkan kepastian mengenai proses PPDB on line. Dia mengaku sudah mendaftarkan adiknya melalui sistem on-line di hari pertama pendaftaran senin (27/6) dengan mengisi kolom nomor ujian sekolah dan tanggal lahir. Setelah proses pendaftaran selesai, Angga justru tidak menemukan biodata adiknya di daftar nama PPDB tersebut. Bahkan nilai mata pelajaran unggulan seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam kosong. Angga berinisiatif untuk mendatangi kantor dinas pendidikan guna menanyakan hal itu karena khawatir data adiknya tidak masuk hingga hari terakhir pendaftaran, rabu 29 Juni 2016. Angga mengeluhkan kondisi di kantor dinas pendidikan, karena keluhannya dilimpahkan ke beberapa nama staf yang dituding sebagai pihak bertanggung jawab terhadap kesalahan IT tersebut.

Lain halnya dengan Sugiati asal kecamatan songgon yang rela tidur di lantai ruang tunggu kantor dinas pendidikan bersama puluhan orang tua dan wali murid menunggu kepastian dari pihak dinas pendidikan mengenai nasib pendidikan anak anak mereka. Sugiati mengatakan bahwa dia akan mengurus surat rekomendasi untuk pendaftaran anaknya, yang berasal dari salah satu SMP di Tabanan bali dan rencananya akan mendaftar di SMK singojuruh. Sugiati mengalami berbagai kendala karena berkas yang di harapkan tidak juga di selesaikan oleh pihak dinas pendidikan. Dia mengaku telah melengkapi berbagai persyaratan yang wajib dilampirkan, salah satunya adalah foto copy nilai raport.

Sekrertaris dinas pendidikan Banyuwangi, Dwi Yanto mengatakan bahwa sebenarnya aplikasi untuk jalur pendaftaran dari masing masing tingkat sekolah baik SMA, SMK maupun SMP sudah siap, namun human error ternyata masih terjadi, seperti siswa yang sudah terlanjur mendaftar jalur mandiri dan tidak masuk belum dihapus oleh operator sehingga data masih tercantum.

“Saat ini tengah dilakukan penghapusan. Nilai siswa dari beberapa sekolah yang belum masuk, juga masih dientry,” ujar Dwi Yanto.

Apabila masih mengalami permasalahan, Dwi Yanto mengatakan bahwa jadwal PPDB akan diperpanjang hingga Rabu (29/6) pukul 24.00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *