“Yang penting kan selamat dulu, ikhtiar berdoa kepada Alloh SWT,” ujar Bupati.

Ilex VIS- Bupati Banyuwangi membuka langsung Mudik gratis laut antar pulau di pelabuhan Tanjung Wangi, Rabu (29/6). Dalam sambutan singkatnya, bupati Anas meminta agar para penumpang bisa memanfaatkan perjalan yang cukup panjang hingga 12 jam dengan membaca Al-Qur’an.

“Yang penting kan selamat dulu, ikhtiar berdoa kepada Alloh SWT,” ujar Bupati.

Bupati juga mendapat kepastian dari pihak syahbandar pelabuhan Tanjung Wangi bahwa kapal yang ditumpangi layak untuk perjalanan dengan jarak tempuh yang cukup lama.

“Meskipun mudik gratis tapi kapal juga harus dan sangat layak. Saya bersama Syahbandar, KNKT, sudah memeriksa dan saya nyatakan layak. Sebenarnya ini kapal barang yang didesain untuk keperluan mudik gratis, tapi fasilitas sudah nyaman. Semoga selamat sampai tujuan,” pungkas Bupati.

Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi, Udan Sugiyana mengatakan bahwa mudik dan balik gratis menggunakan kapal perintis ini dilaksanakan tanggal 29 juni serta 1,3,5,8, dan 10 juli. BMKG memberikan informasi bahwa cuaca laut di sekitar kepulauan terpencil madura dinilai aman untuk pelayaran dengan ketinggian ombak mencapai 1 meter. Meskipun event ini mudik gratis, pihaknya tetap memperhatikan aspek keselamatan pelayaran dengan fasilitas kamar mandi dan tempat tidur yang cukup bagus.

Pelindo menggunakan KM prima nusantara 1 berkapasitas 280 orang untuk mengangkut masyarakat dengan tujuan Tanjung Wangi – Sapeken – Pagerungan – Kangean – Sapudi – Masalembo – Karamaian. Kapal ini dilengkapi alat keselamatan, mulai dari sekoci hingga light jaket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *