Pemimpin baru akan menjabat hingga 5 tahun kedepan

Daus VIS – Dua partai politik, Golkar dan Demokrat saat ini tengah menyiapkan proses pergantian kepemimpanan ketua partainya di tingkat kabupaten Banyuwangi dengan menggelar Muscab usai lebaran mendatang. Sekretaris DPD Golkar Banyuwangi, Ismoko mengatakan bahwa Internal Partai tengah bersiap menggelar Musyawarah Daerah. Suksesi kepemimpinan akan dibuka secara langsung oleh Ketua DPD Golkar Jatim, Nyono Suherli.

Rencana percepatan Musda tingkat kabupaten ini menindaklanjuti instruksi DPD Golkar Jatim agar semua pengurus DPD Kabupaten dan Kota di Jawa Timur segera menggelar Muscab, khususnya kabupaten Banyuwangi yang saat ini dipimpin ketua berstatus PLT. DPD Golkar Jatim menginstruksikan pelaksanaan Musda di hari yang sama.

Saat disinggung kapan, Ismoko tidak memberikan jawaban pasti karena ketua DPD Golkar Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso masih berkoordinasi untuk menentukan jadwal musda tersebut.

“Sebagaian menghendaki bulan ramadhan, sebagian lagi minta selepas ramadhan hingga akhir Agustus,” ujar Ismoko

Ketua DPC Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto mengaku bahwa saat ini Demokrat juga menyuiapkan rencana Musyawarah Cabang untuk pemilihan ketua DPC Baru periode 5 tahun kedepan. Mekanisme pemilihan ketua DPC baru saat ini berbeda dengan mekanisme yang lalu karena calon ketua yang akan maju harus didukung oleh sedikitnya 30 persen pengurus PAC dari 24 kecamatan yang ada di Banyuwangi.

Mereka yang mendapat dukungan dari PAC akan diusulkan kepada DPP Demokrat untuk memastikan calon ketua yang akan datang benar-benar komitmen membesarkan partai dan tidak hanya mengejar jabatan. Muscab akan digelar setelah lebaran dan dilakukan secara serentak untuk kabuapten dan kota di Jawa Timur dan berpusat di Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *