Home / News / DPRD : Pemerintah Harus Ajukan Tax Monitory

DPRD : Pemerintah Harus Ajukan Tax Monitory

Tax Monitory akan dipasang di sejumlah tempat seperti hotel dan restoran yang terkoneksi secara online dengan server pemerintah daerah.

Daus VIS- Pengoptimalan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Banyuwangi memerlukan sistem baru penarikan pajak dan retribusi yang efektif, salah satunya dengan menggunakan tax monitory atau pencatat pajak yang harus dimiliki oleh wajib pajak, utamanya pemilik hotel dan restoran, mengingat target PAD Banyuwangi meningkat sebesar 15 persen per tahun yang merupakan amanat dari Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sudah disahkan DPRD senin (25/7) kemarin.

Menindaklanjuti hal tersebut, ketua DPRD Banyuwangi meminta eksekutif merubah sistem penarikan pajak daerah dengan melakukan pengadaan alat tax monitory (monitor pajak) yang harus dipasang dilokasi usaha hotel dan restoran di Banyuwangi karena saat ini penarikan pajak masih menggunakan sistem self Assesmen atau penghitungan besaran pajak oleh wajib pajak sendiri.

“Saat ini potensi pajak lebih besar dari realita pajak yang didapat, karena melihat potensi daerah yang belum tergarap maksimal hingga tidak menghasilkan pemasukan signifikan bagi daerah. Potensi pajak Banyuwangi lebih besar ketimbang realita pendapatan pajak yang berhasil dikumpulkan eksekutif dari berbagai potensi daerah,” ujar Made.

Made menghimbau Eksekutif segera menyusun pengadaan alat Tax Monitory di tahun anggaran 2017 yang dipasang di sejumlah tempat seperti hotel dan restoran yang terkoneksi secara online dengan server pemerintah daerah sehingga bisa tercatatat berapa jumlah tamu atau pengunjung yang hadir dan bisa langsung terlihat besarnya total pajak 10 persen yang harus dibayarkan ke daerah.

Bupati Abdullah Azwar Anas juga berniat merubah sistem pemungutan pajak daerah dengan menggunakan alat baru sebagaimana yang sudah dilakukan di sejumlah kota besar di tanah air, mengingat saat ini sudah ada salah satu restoran Franchaise yang sudah menggunakan tax monitory di Banyuwangi.

About farizkurnia

Check Also

Kunjungi Agro Expo, Mendes PDT Apresiasi Upaya Banyuwangi ini

radiovisfm.com, Banyuwangi – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *