Home / News / 30 Juli, Ijen Summer Jazz Tahap I Digelar

30 Juli, Ijen Summer Jazz Tahap I Digelar

Panggung terbuka menampung 300 pecinta Jazz dengan pemandangan alam terbuka dan artis jazz ternama

Ilex VIS – Banyuwangi Ijen Summer Jazz digelar di Jiwa Jawa Resort Licin, dengan menghadirkan konsep music yang unik. Event yang pertama kalinya masuk dalam Banyuwangi Festival 2016 ini digelar 3 kali, yakni 30 Juli, 10 September dan 22 Oktober 2016 dengan menghadirkan para musisi dan dewa music Jazz, seperti Syaharani & Queenfireworks (ESQI:EF) dan Nita Aartsen, akan memanjakan para penikmat music Jazz pada 30 Juli 2016, Ernesto Enriquez Castillo (Kuba) pada gitar, Pablo Calzado (Kuba) pada drum, Patrick Lauwerends (Belanda) pada bass dan multi-instrumentalist Jean-Sébastien Simonoviez (Perancis). 10 September nanti, Summer Jazz juga menghadirkan Trie Utami dan KUA Etnika, Sementara di tanggal 22 Oktober, hadir Balawan Trio.

Dalam keterangan persnya di pendopo Sabha Swagatha Blambangan, Jumat (29/7), Inisiator Ijen Summer Jazz, Sigit Pramono mengatakan bahwa Banyuwangi Ijen Summer Jazz ini digelar untuk meningkatkan apresiasi terhadap musik jazz etnik di Indonesia sekaligus mengembangkan destinasi wisata dan perekonomian masyarakat setempat.

“Ini murni pertunjukan yang dikreasi oleh para penikmat jazz, sekaligus upaya dari kami untuk ikut membantu promosi wisata Banyuwangi yang sedang bergeliat. Setelah nonton bisa langsung naik Ijen buat liat Blue Fire,” ujar Sigit.

Sigit mengatakan bahwa panggung terbuka Banyuwangi Ijen Summer Jazz menampung 300 orang pencinta jazz yang berada sangat dekat dengan musisi yang tampil.

“Tata letak terbuka, pemandangan pegunungan, ini akan tambah syahdu dengan konser terbuka jazz 600 meter diatas permukaan laut,” kata Sigit.

Banyuwangi Ijen Summer Jazz digerakkan oleh para pencinta jazz yang tergabung dalam Jazz Gunung Indonesia. Banyuwangi Ijen Summer Jazz akan membawa nuansa yang jarang didapatkan dalam dunia seni pertunjukan musik di tanah air, yaitu memadukan keindahan alam dengan budaya dan manusia serta menjadi ajang untuk mencintai kearifan alam pegunungan yang telah menjadi simbol budaya asli di nusantara.

Bupati banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa Banyuwangi Ijen Summer Jazz dinilai sebagai festival yang menggabungkan seni dan tourism.

“Saya menyambut baik kegiatan ini karena bisa memanjakan para penikmat musik jazz di Banyuwangi,” Kata Bupati

Salah satu artis jazz papan atas, Syaharani mengaku bahwa dirinya akan membuka perhelatan ini dengan music jazz yang rancak, dilanjutkan dengan kolaborasi music jazz yang warna warni namun dengan sentuhan irama bluse. Senada dengan Syaharani, Nita Aartsen mengaku akan menampilkan kolaborasi music jazz dengan music daerah Bali dan banyuwangi. Bahkan, Nita mengaku akan menghadirkan kolaborasi music jazz dengan music banyuwangi yang apik, dengan berduet bersama gandrung Banyuwangi, Supinah.

About farizkurnia

Check Also

Kunjungi Agro Expo, Mendes PDT Apresiasi Upaya Banyuwangi ini

radiovisfm.com, Banyuwangi – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *