Komposisi Pansel, 45 persen dari internal Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Banyuwangi. Sedang 55 persen sisanya, dari kalangan akademisi, profesional maupun tokoh masyarakat yang kompeten.

Daus Vis – Menjelang masa pensiun Sekretaris Daerah atau Sekda Pemerintah Daerah Banyuwangi, Slamet Karyono Msi pada 1 November mendatang, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mulai ‘ancang-ancang’ membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Sekda.

Kepala badan kepegawaian daerah atau BKD Banyuwangi Sih Wahyudi menuturkan, SK pembentukan pansel ini sudah terbit, namun proses pembentukannya masih menunggu petunjuk bupati, dan pihaknya belum ada persiapan seleksi jabatan pucuk pumpinan tertinggi PNS di tingkat kabupaten ini.

Disebutkan, regulasi pembentukan Pansel, adalah penyesuaian aturan baru sesuai dengan undang undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yang mengharuskan Bupati membentuk pansel untuk memilih calon Sekda.

“Jika sebelumnya Sekda langsung ditunjuk Bupati, regulasi terkini wajib melalui seleksi atau lelang terbuka dengan Pansel, yang akan menjadi juri atau penyeleksi calon sekda,” papar Sih Wahyudi.

Komposisi Pansel, 45 persen dari internal Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Banyuwangi. Sedang 55 persen sisanya, dari kalangan akademisi, profesional maupun tokoh masyarakat yang kompeten.

“Untuk jumlah, Pansel bisa terdiri dari 5, 7 atau 9 orang. Jika komposisi pansel 5 orang, maka dua orang dari kalangan PNS dan 3 orang dari kalangan professional atau akademisi diluar PNS,” terang Sih.

Namun, dalam menentukan anggota Pansel, tidak serta merta bisa ditentukan oleh Pemerintah Daerah. Melainkan harus dikonsultasikan dulu dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Jakarta.

Sih wahyudi menambahkan, data Curiculum Vitae (CV) dan pengalaman para calon pansel nanti, akan menjadi penentu dia layak atau tidak untuk menjadi anggota Pansel. Setelah disepakati oleh KASN, Pansel terpilih akan di SK kan oleh Bupati dan selanjutnya seleksi Sekda baru akan dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *