Bagi yang terbukti, akan dilakukan klarifikasi terlebih dahulu dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah.

Ilex Vis – Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto bersama ratusan personel kepolisian menjalani tes Urine, sebagai komitmen kepolisian di dalam memerangi narkoba.

Selain Kapolres, tes urine ini juga melibatkan Wakapolres Kompol Mohammad Yusuf Usman, serta 500 anggota kepolisian lainnya mulai dari para Kapolsek, Kasat, Kabag, hingga staf honorer dan PNS polri. Mereka secara bergiliran mengambil kotak air kencing, lalu mengantri di kamar mandi yang disediakan tim pemeriksa.

“Dari tes urine ini, kami ingin lingkungan Polres Banyuwangi bersih narkoba,” harap Kapolres.

Sebab polisi adalah salah satu institusi yang memberantas narkoba sehingga di haruskan para anggota terhindar dari dampak negative. Bagi anggota yang air seninya positif mengandung narkoba, Kapolres mengaku akan melakukan penelusuran.

“Pendalaman itu dilakukan untuk mengetahui apakah pemilik air kencing murni mengkonsumsi narkoba atau efek dari mengkonsumsi obat-obatan lantaran sakit,” terang Kapolres.

Dan bagi yang terbukti, Kapolres akan melakukan klarifikasi terlebih dahulu dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah. Apabila murni mengkonsumsi narkoba maka akan di tindak tegas sesuai prosedur, mulai dari teguran, sidang kode etik profesi, pelanggaran disiplin hingga sangsi terberat adalah Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

Pemeriksaan urine para anggota polisi ini secara rutin digelar Polres Banyuwangi. Waktu pemeriksaan pun digelar secara acak tergantung situasi. Pelaksanannya bisa malam, siang, sore atau pagi hari.

Selain menggelar tes di polres, Kapolres juga mengunjungi kediaman para kapolsek untuk melakukan tes secara khusus. Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan, selaku pimpinan di wilayah polisi sektor kapolsek terbebas dari narkoba.

“Sejauh ini hasilnya bersih dan tidak ada Kapolsek yang terbukti memakai narkoba,” kata Kapolres bangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *