Ada beberapa nama yang sudah masuk catatan, namun di banyak sisi masih perlu di lengkapi.

Ilex Vis – Pasca berakhirnya masa jabatan Slamet Karyono sebagai Sekretaris Daerah per 1 November 2016, Bupati Abdullah Azwar Anas masih mengkaji beberapa nama untuk di angkat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda, sambil menunggu proses seleksi calon Sekda baru yang di lakukan oleh tim panitia seleksi.

“Untuk mengangkat Plt Sekda perlu berbagai pertimbangan, karena sekda merupakan pucuk pimpinan tertinggi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sekaligus posisi Sekda menjadi ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Banyuwangi dalam rencana pembahasan APBD tahun 2017,” kata Bupati Anas.

“Ada beberapa nama yang sudah masuk dalam catatan saya, namun di banyak sisi masih perlu di lengkapi,” imbuh Bupati Anas.

Dan dia enggan menyebutkan nama nama tersebut. Meski demikian, Bupati Anas berjanji akan segera muncul satu nama untuk di angkat menjadi Plt Sekda, paling akhir pada Selasa (1/11).

Setelah posisi Sekretaris Daerah Pemkab Banyuwangi mengalami kekosongan, Pemerintah Daerah segera melakukan Rekruitmen Sekda baru. Sesuai dengan UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, proses rekruitmen Sekda baru harus dilakukan oleh tim seleksi yang dibentuk oleh Bupati dan Gubernur. Komposisi tim seleksi nanti, 45 persen dari birokrat dan 55 persen berasal dari tokoh masyarakat atau akademisi non PNS.

Sebelumnya, posisi Sekda langsung ditunjuk oleh Bupati. Namun regulasi terkini wajib melalui seleksi atau lelang terbuka oleh Panitia seleksi (Pansel), yang akan menjadi juri atau penyeleksi.

Namun dalam menentukan anggota Pansel nanti, tidak serta merta bisa ditentukan oleh Pemerintah Daerah atau Bupati, melainkan harus dikonsultasikan dulu dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Jakarta. Terlebih salah satu anggota Pansel Sekda nanti, juga berasal dari PNS Pemprov Jatim.

Setelah disepakati oleh KASN, Pansel terpilih akan di SK kan oleh Bupati Banyuwangi dan seleksi Sekda pun baru akan dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *