Untuk jadwal tampilnya sudah selesai di rancang, yang di rencanakan akan segera di umumkan dalam waktu dekat ini.

Ilex vis – Sepanjang tahun 2017, di Banyuwangi akan di gelar pentas kesenian budaya pada setiap malam hari.

Kegiatan ini di pusatkan di kawasan jantung kota Banyuwangi, tepatnya di gelar di area Rumah Kreatif jalan Ahmad Yani, sisi selatan Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiono mengatakan, selama kegiatan ini berlangsung melibatkan siswa siswi Sekolah Dasar dan SMP se kabupetan Banyuwangi. Bahkan, siswa siswi SMA juga nantinya di libatkan untuk menampilkan prestasi seni mereka.

“Di setiap malam, para siswa tampil secara bergiliran sesuai dengan karakter kesenian dari daerahnya masing masing. Sehingga ada tampilan kesenian secara heterogen dan tidak hanya menampilkan satu jenis kebudayaan dan karakter saja,” papar Sulihtiono.

Persiapan mulai di laksanakan per 1 Januari 2017. Dan untuk jadwal tampilnya sudah selesai di rancang, yang di rencanakan akan segera di umumkan dalam waktu dekat ini.

“Namun terlebih dahulu akan di konsultasikan dengan Dinas Pariwisata,” ujar Sulihtiono.

Sulihtiono mengaku, kegiatan ini di pastikan tidak akan mengganggu jam belajar siswa siswi. Karena untuk waktu tampilnya hanya sekitar 2 jam, yakni pukul 7 malam hingga 9 malam.

“Pemerintah daerah sengaja menggelar kegiatan kebudayaan ini setiap malam di sepanjang tahun 2017 kecuali saat perayaan Hari Raya Idul Fitri ataupun Hari besar lainnya, karena untuk mengembangkan budaya di masing masing sekolah. Juga untuk memotivasi serta memberikan kesempatan kepada anak anak agar bisa tampil di depan umum,” pungkasnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beralasan, dengan di tampilkannya kesenian budaya di setiap malam tersebut adalah untuk memberikan kesempatan kepada para wisatawan yang datang ke Banyuwangi, menyaksikan keragaman budaya Banyuwangi.

“Beberapa kali kami menerima keluhan dari wisatawan yang mengaku tidak pernah menemukan kesenian Banyuwangi yang di tampilkan di pentas terbuka, saat berkunjung ke Banyuwangi,” tutur Bupati Anas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *