Home / News / DPRD : Penganggaran Dana Desa Harus Akuntabel

DPRD : Penganggaran Dana Desa Harus Akuntabel

Pengelolaan dana desa harus dilakukan dengan baik agar tidak sampai tersandung masalah hukum.

Daus VIS- Proses penganggaran dana desa harus dilakukan secara akuntabel dan professional. Dan juga perlu dikawal dengan baik kegiatan pembangunan desa, agar penggunaan anggaran tepat sasaran dan tidak sampai ada aparatpemerintahan desa terjerat kasus hukum.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh ketua komisi 1 DPRD Banyuwangi, Ficky Septalida pada Kamis siang (30/3/17) saat mengikuti acara diskusi permasalahan desa bertajuk gesah desa yang digelar di ruang khusus DPRD Banyuwangi.

Ficky menuturkan, saat ini desa mengelola dana hingga Rp. 1 miliar lebih setiap tahunnya, baik dari ADD maupuan DD. Pengelolaan dana desa untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa itu, harus dilakukan dengan baik agar tidak sampai tersandung masalah hukum.

Disisi lain pemerintah kabupaten dan instansi terkait juga harus lebih intensif melakukan pembinaan dan memberikan pelatihan kepada perangkat desa. Mengingat saat iki, banyak program Bupati yang digulirkan di desa berbasis IT, seperti E Village Budgeting dan Smart Kampung.

Ficky menambahkan, apa yang menjadi permasalahan desa, akan turut diselesaikan oleh DPRD sesuai kapasitasnya. Kendala yang dialami oleh desa akan dikoordinasikan kepada eksekutif agar cepat mendapatkan solusi. Karena saat ini terungkap, berbagai permasalahan yang dihadapi desa dalam proses pembangunan, diantaranya, kurangnya pembinaan dan pelatihan perangkat desa di bidang IT dan penyusunan laporan keuangan, serta belum dicairkannya dana bagi hasil dari pemerintah kabupaten yang bersumber dari pendapatan daerah sektor pajak dan retribusi.

About farizkurnia

Check Also

Kunjungi Agro Expo, Mendes PDT Apresiasi Upaya Banyuwangi ini

radiovisfm.com, Banyuwangi – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *