Home / News / Pastikan Lelang Sesuai Prosedur, Komisi 4 Lakukan Sidak

Pastikan Lelang Sesuai Prosedur, Komisi 4 Lakukan Sidak

Sekretaris komisi 4 mengatakan pihaknya menerima keluhan dari para pemborong yang mengikuti tender proyek.

Daus VIS- Komisi 4 DPRD Banyuwangi pada Kamis siang (27/417) melakukan inspeksi mendadak di kantor Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa, untuk memastikan proses lelang proyek pembangunan di Banyuwangi dilakukan sesuai dengan prosedur.

Anggota komisi yang membidangi urusan pembangunan ini, melakukan sidak di kantor lelang yang berlokasi di jalan Agus Salim Banyuwangi ini, setelah menerima keluhan dari rekanan yang mengikuti lelang secara online, karena tidak bisa memantau pengumunan nomor urut pengajuan nilai lelang yang di upload di web site LPSE Banyuwangi, lantaran tidak muncul nilai jumlah penawaran yang diajukan rekanan secara online.

Sekretaris komisi 4 DPRD Banyuwangi, Salimi menuturkan, pihaknya menerima keluhan dari para pemborong yang mengikuti tender proyek, karena tidak bisa memantau pengumuman nomor urut penawaran yang diajukan secara online. Karena saat ini, memasuki masa pengumuman nama rekanan yang menjadi penawar terendah proyek pembangunan yang diluncurkan dinas melalui LPSE Banyuwangi yang dikelola oleh unit Lelang barang dan jasa.

Menindaklanjuti hal tersebut, sejumlah anggota komisi 4 mempertanyakan alasan panitia lelang yang tidak memunculkan nomor urut nilai penawaran yang diajukan rekanan. Dalam sidak tersebut, komisi 4 ditemui oleh sekretaris kantor lelang Rahmad Basuki, yang menjelaskan perihal tidak diumumkannya besaran jumlah penawaran rekanan di laman LPSE Banyuwangi.

Salimi menambahkan, dari hasil sidak yang dilakukannya, petugas kantor lelang mengakui sengaja untuk tidak menampilkan besaran nilai penawaran dari masing masing rekanan, dengan alasan kebijakan tersebut menjadi kearifan lokal kantor lelang Banyuwangi yang bertujuan untuk menghindari kong kalikong antar rekanan dalam mendapatkan proyek saat lelang. Namun politisi PDI Perjuangan ini minta kepada panitia lelang, agar kebijakan yang diambil tidak sampai menabrak aturan, agar tidak ada rekanan yang dirugikan. Mengingat rekanan pengusaha atau kontraktor ini, juga mitra pemerintah yang juga mendukung suksesnya pembangunan di Banyuwangi.

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *