Home / News / Handoko : Dinas Pariwisata Harus Tingkatkan PAD

Handoko : Dinas Pariwisata Harus Tingkatkan PAD

Besarnya anggaran daerah untuk pengembangan pariwisata idealnya diimbangi dengan besarnya setoran pendapatan kepada daerah.

Daus VIS- DPRD berharap Dinas Pariwisata bisa meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata, agar imbang biaya yang dikeluarkan daerah untuk wisata dengan pendapatan dari sektor wisata. Pernyataan tersebut diubgkapkan oleh ketua komisi 2 DPRD Banyuwangi, Handoko pada Selasa siang (30/5/17)saat menggelar rapat kerja dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi.

Handoko menuturkan, selama ini daerah cukup banyak mengeluarkan anggaran untuk promosi dan pengembangan sektor pariwisata yang mencapai Rp. 12 milyar setahun. Diantaranya biaya promosi atau pemasaran pariwisata sebesar Rp. 4.1 milyar, biaya pengelolaan kawasan wisata dan kerjasama budaya sebesar Rp. 4.2 milyar serta biaya program pengembangan destinasi dan jaringan kemitraan pariwisata sebesar Rp. 4.2 milyar.

Dari besarnya anggaran daerah yang dikeluarkan untuk pengembangan pariwisata tersebut kata Handoko, idealnya juga diimbangi dengan besarnya setoran pendapatan kepada daerah dari sektor pariwisata. Dari hasil rapat kerja tersebut, Dinas Pariwisata belum bisa merinci total pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Namun Dinas Pariwisata mentargetkan peningkatan umlah wisatawan mancanegara di tahun 2017 ini mencapai 5 ribu pengunjung dan wisatawan domestik mencapai 80 ribu yang datang ke Banyuwangi tahun ini. Karena Dinas Pariwisata menilai, banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, akan menjadi multiplayer efek khususnya di bidang ekonomi masyarakat Banyuwangi. “ Dari biaya promosi yang cukup luar biasa mestinya harus diimbangi dengan peningkatan PAD, kita dorong Dinas Pariwisata untuk lebih inovatif”, kata Handoko.

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *