Home / News / Di Targetkan, Perbaikan Jalan Desa Sarongan Selesai 2017

Di Targetkan, Perbaikan Jalan Desa Sarongan Selesai 2017

Untuk menyelesaikan perbaikan sisa jalan rusak sepanjang 4 kilometer tersebut seluruhnya di intervensi oleh pemerintah daerah tanpa melibatkan pihak perkebunan.

Ilex Vis – Perbaikan jalan di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi di targetkan selesai tahun 2017 ini, dan di rencanakan akan di gunakan sebagai rute event International Tour de Banyuwangi Ijen.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, sebelumnya, pemerintah daerah bersama pihak perkebunan melakukan perbaikan jalan di wilayah setempat sepanjang kurang lebih 20 kilometer, dengan sistem pihak perkebunan menyiapkan pasir dan tenaga pekerjanya, sedangkan pemerintah menyiapkan aspalnya.

Sementara saat ini masih tersisa 4 kilometer lagi yang mengalami kerusakan, dan di rencanakan segera di selesaikan di tahun 2017 ini.

“Sehingga di saat tahun baru 2018 mendatang, bagi wisatawan yang akan berlibur ke pantai teluk ijo sudah bisa lebih nyaman,” kata Bupati Anas.

Meski demikian menurut Bupati Anas, untuk menyelesaikan perbaikan sisa jalan rusak sepanjang 4 kilometer tersebut seluruhnya di intervensi oleh pemerintah daerah tanpa melibatkan pihak perkebunan, kecuali yang masuk kawasan taman nasional sengaja tidak di perbaiki supaya tetap terjaga.

“Dalam jangka panjang, Desa Sarongan ini akan di jadikan sebagai desa wisata karena kawasannya memiliki keindahan alam yang cukup bagus. Bahkan di rencanakan pula, di daerah setempat akan di jadikan sebagai jalur event balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen dari salah satu etape,” papar Bupati Anas.

Orang nomor satu pada jajaran Pemkab Banyuwangi tersebut mengapresiasi kerukunan masyarakat desa sarongan meskipun aspal jalan di daerahnya belum pernah tersentuh perbaikan sejak Indonesia merdeka.

“Mereka hidup rukun dengan berbagai keragaman agama dan kepercayaan yang di anut oleh masyarakat setempat,” ujarnya.

Bahkan Bupati Anas menyebut Desa Sarongan sebagai Desa Pancasila, karena di wilayahnya terdapat bangunan masjid, gereja, wihara maupun pura.

“Sebelumnya di daerah ini juga terdapat jembatan kayu yang memisahkan antara Desa Sarongan dengan Desa Kandangan, yang kini sudah di bongkar dan di permanen dengan jembatan beton,” imbuhnya.

Bupati Anas menyebutnya, hal ini adalah merupakan lanjutan dari program nawacita presiden Joko Widodo yang di kerjakan pemerintah daerah dengan menggunakan APBD tanpa APBN untuk membangun daerah pinggiran.

Sementara itu, karena daerah ini terdapat keberagaman suku dan agama inilah, Bupati Anas memilih Desa Sarongan untuk kegiatan safari ramadhan dengan menggelar buka bersama, dalam kaitannya peringatan hari lahirnya pancasila.

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *