Home / News / Banyuwangi Siapkan Beasiswa Dokter Spesialis

Banyuwangi Siapkan Beasiswa Dokter Spesialis

Pemerintah daerah tidak mengijinkan adanya pembangunan rumah sakit atau klinik baru, jika tidak memenuhi beberapa persyaratan.

Ilex Vis – Pemkab Banyuwangi menyiapkan beasiswa bagi para calon Dokter Spesialis untuk di kuliahkan gratis hingga lulus.

Hal ini merupakan salah satu dari program Banyuwangi Cerdas yang di peruntukkan bagi masyarakat yang ingin melanjutkan kuliah Dokter Spesialis namun tidak memiliki biaya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah daerah menyiapkan Rp 15 Milyar untuk program Banyuwangi Cerdas ini, termasuk beasiswa bagi calon dokter spesialis.

“Bagi mereka yang tertarik dengan program ini, bisa langsung menghadap ke Bupati untuk mendapatkan rekomendasi,” ujarnya.

Bupati Anas menegaskan, hal ini sebagai upaya pemerintah daerah di dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

“Di targetkan, ke depan seluruh puskesmas di Banyuwangi akan menjadi rawat inap dan ada dokter keluarga, sehingga di perlukan banyak dokter spesialis,” tutur Bupati Anas.

Untuk RSUD Blambangan sendiri, saat ini sudah membiayai 15 calon dokter spesialis.

“Pemerintah daerah tidak mengijinkan adanya pembangunan rumah sakit atau klinik baru, jika tidak memenuhi beberapa persyaratan,” imbuh Bupati Anas.

Salah satunya, pihak pemilik harus menyiapkan minimal 10 dokter spesialis untuk rumah sakit barunya. Pasalnya yang terjadi saat ini, ada beberapa rumah sakit swasta baru memakai jasa dokter spesialis rumah sakit milik pemerintah daerah.

“Hasilnya, mereka sering datang telat di saat jadwal praktek di rumah sakit daerah,” tuturnya.

Bahkan menurut Bupati Anas, ada sejumlah rumah sakit lama menambah ruangan rawat inapnya, namun tidak di barengi dengan menambah dokter spesialisnya sehingga masyarakat yang menjadi korban.

Selain memberikan beasiswa kepada para calon dokter spesialis, Pemkab Banyuwangi juga menyiapkan anggaran untuk beasiswa anak tidak mampu namun berprestasi yang di kuliahkan hingga selesai.

Juga, beasiswa bagi anak yang hafal Al-Qur’an minimal 15 juz untuk di sekolahkan pilot tanpa biaya.

“Untuk beasiswa ini adalah non APBD karena bekerja sama dengan pihak operator penerbangan,” pungkas Bupati Anas.

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *