Home / News / Lebaran, Wisnus Mencapai 150 Persen

Lebaran, Wisnus Mencapai 150 Persen

Selama bulan Ramadhan, pemerintah mempromosikan pariwisata Indonesia secara besar besaran ke berbagai negara yang di nilai tidak sensitive dengan puasa.

Ilex Vis – Di momen lebaran, Wisatawan Nusantara (Wisnus) yang bergerak di Indonesia mencapai 150 persen atau sekitar 30 juta orang.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, di hari biasa, jumlah Wisnus yang berkunjung ke berbagai tempat wisata sebesar 20 juta orang. Namun di saat bulan puasa, menurun menjadi 10 juta orang.

Sementara, di saat angkutan lebaran tercatat 20 juta orang mudik ke kampung halamannya. Sehingga total Wisnus yang bergerak di musim lebaran 2017 sebanyak 30 juta orang.

Menteri Arief menjelaskan, demikian halnya dengan Wisatawan Manca Negara (Wisman) yang datang ke Indonesia mengalami penurunan selama bulan Ramadhan. Terutama, Wisman dari berbagai negara yang mayoritas sensitive islam.

“Contohnya dari Malaysia, yang mengalami penurunan cukup segnifikan. Karena orang islam di Malaysia agak segan untuk trafiling ketika berpuasa,” ujarnya.

Sehingga menurut Menteri Arief, kunjungan Wisman mengalami penurunan 50 persen selama bulan Ramadhan. Bahkan tidak terkompensasi di saat momen lebaran.

“Namun untuk Wisnus terkompensasi 150 persen di musim mudik lebaran, setelah sebelumnya drop 50 persen selama puasa,” kata Menteri Arief.

“Selama bulan Ramadhan, pemerintah mempromosikan pariwisata Indonesia secara besar besaran ke berbagai negara yang di nilai tidak sensitive dengan puasa, misalnya Australia,” imbuhnya.

Hal ini untuk mendongrak tingkat kunjungan Wisman, meskipun di Indonesia memasuki bulan Ramadhan.

“Hasilnya, masih ada Wisman yang datang ke Indonesia meskipun jumlahnya mengalami penurunan,” tutur Menteri Arief.

Menteri Arief yang merupakan warga asli Banyuwangi tersebut menambahkan, berdasarkan survei persepsi menggunakan model wawancara tatap muka yang di lakukan terhadap 25 daerah dengan skor tertinggi, terdapat 10 daerah dengan peringkat tertinggi Indeks Pariwisata Indonesia (IPI), dalam artian yang paling banyak di kunjungi Wisman maupun Wisnus, termasuk di momen lebaran.

Pertama adalah Kota Denpasar Bali, yang mencapai 3,81 persen. Di susul Kota Surabaya 3,74 persen. Selanjutnya, Kota Batam 3,73 persen. Kabupaten Sleman 3,72 persen. Kota Semarang 3,59 persen. Kabupaten Badung Bali 3,55 persen. Kota Bandung 3,39 persen. Kabupaten Banyuwangi 3,30 persen. Kabupaten Bogor 3,27 persen dan Kesepuluh adalah Kabupaten Bantul 3,22 persen.

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *