Home / News / Ribuan Warga Padati Diaspora Banyuwangi

Ribuan Warga Padati Diaspora Banyuwangi

Dalam acara itu disediakan beragam kuliner lokal secara gratis.

Ilex Vis – Ribuan warga Banyuwangi yang tinggal di berbagai daerah di belahan Indonesia dan dunia, meramaikan acara Diaspora yang di gelar oleh Pemkab Banyuwangi, selasa (27/6).

Mereka bersilaturahim sekaligus bernostalgia di Pendopo Shaba Swagata, tempat lokasi acara. Mulai dari pengusaha, mahasiswa hingga warga asing yang mendapatkan jodoh orang Banyuwangi ambil bagian dalam kegiatan yang di gelar oleh pemerintah daerah dalam setiap tahunnya ini.

Dalam sambutan singkatnya, Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, acara ini di desain untuk semakin menguatkan cinta kepada Banyuwangi. Di sini mereka saling bersapa serta memunculkan kembali kenangan masa kecilnya.

“Memori itu kembali kita gali supaya semakin menumbuhkan cinta kepada daerah,” ujarnya.

Jika sudah cinta kata Bupati Anas, secara otomatis mereka tergerak untuk membantu mengembangkan Banyuwangi.

“Momen ini juga bisa menjadi tempat menggalang solidaritas membangun daerah dan bertukar informasi,” imbuhnya.

Misalnya, ada pengusaha yang sudah sukses di Jakarta bisa bermitra dengan UMKM di Banyuwangi.

Dalam acara itu disediakan beragam kuliner lokal secara gratis. Berbagai makanan khas Banyuwangi disajikan, mulai pecel pitik, rujak soto, nasi cawuk, lontong sayur, hingga sayur kelor sambal sereh. Sejumlah atraksi seni-budaya setempat juga ditampilkan.

Bupati Anas berharap, acara ini bisa mengobati kerinduan para perantau yang kembali mudik di Banyuwangi.

“Diaspora ini bukan hanya untuk warga yang lahir di Banyuwangi, namun juga untuk mereka yang tinggal di berbagai daerah tapi cinta Banyuwangi,” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya yang merupakan warga asli Banyuwangi.

“Banyuwangi kini sudah cukup berkembang, meskipun masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki dan dibantu bersama-sama,” ujarnya.

Menteri Arief juga mengapresiasi berbagai inovasi yang sudah dilakukan oleh Pemerintah daerah. Misalnya, sudah di bukanya penerbangan Jakarta – Banyuwangi. Bahkan, pihaknya memastikan, ke depan akan ada penerbangan langsung Denpasar – Banyuwangi PP.

“Selain itu, akan segera di bangun tol dari Probolinggo ke Banyuwangi yang di mulai pada 2019 mendatang,” kata Menteri Arief.

Dalam kesempatan ini, Menteri Arief menyebutkan ada 3 kepala daerah di Indonesia yang masuk dalam Top Three atau 3 terbaik karena kebijakannya di nilai berhasil di dalam membangun daerahnya.

“Yakni Wali Kota Bandung, Moh.Ridwal Kamil, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas,” pungkasnya.

Diaspora lain yang hadir adalah Dody yang kini tinggal di Nagoya, Jepang. Dia akan mengajak beberapa warga Banyuwangi di Jepang untuk memikirkan kontribusi bagi daerahnya.

“Saya tidak ingin hanya mempunyai uang lalu membeli tanah di daerah. Namun saya ingin kontribusinya bagi daerah tujuannya jelas,” papar Dody.

Oleh karena itulah, Dody yang merupakan pengusaha pariwisata di Jepang tersebut mengaku akan segera berkomunikasi mengenai apa-apa yang dibutuhkan warga Banyuwangi yang bisa di supportnya.

“Sejak Bupati Anas datang ke Jepang beberapa waktu lalu karena diundang salah satu pusat penelitian kebijakan publik di sana, akhirnya warga Banyuwangi yang ada di Jepang membentuk koordinator khusus yang menangani siapapun diaspora di Jepang yang ingin memberi kontribusi bagi Banyuwangi,” papar Dody.

Diaspora lain, Jonas asal Amerika Serikat yang turut hadir mengaku kepincut dengan Banyuwangi.

“Selama 3 tahun tinggal di Banyuwangi dia sangat terkesan dengan keindahan alamnya, keramahan masyarakat serta makanan Banyuwangi di nilainya sangat enak,” ujar Jonas.

Jonas mempunyai istri orang Banyuwangi. Sehingga dia harus sering bolak balik Amerika – Banyuwangi.

Penyanyi Fitri Carlina yang juga warga asli Banyuwangi hadir dalam acara tersebut. Dan dia mengaku, acara ini mengingatkan kenangan lamanya di tanah kelahirannya.

Fitri juga mengaku akan mencari mitra untuk membuka usaha makanan dan buah tangan khas Banyuwangi.

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *