Home / News / Puncak Arus Balik Di Prediksi H+5

Puncak Arus Balik Di Prediksi H+5

Untuk memberi kenyamanan kepada para pemudik saat melakukan antrian, saat ini ASDP sudah memasang tenda di area pelabuhan ketapang

Ilex Vis – Titik puncak arus balik lebaran di lintas penyeberangan Ketapang – Gilimanuk, di prediksi akan terjadi pada Sabtu dan Minggu atau H+5 dan H+6.

Meski demikian, sejak memasuki H+2 arus kendaraan bermotor pemudik dari pelabuhan ketapang yang akan menyeberang ke pelabuhan gilimanuk bali terus mengalir.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang – Gilimanuk, Elvi Yoza mengatakan, prediksi ini berdasarkan kondisi di lapangan, bahwa pada hari Senin (3/7) masyarakat sudah mulai melakukan aktifitas kerjanya.

“Sehingga titik puncak arus balik di prediksi terjadi pada Sabtu dan Minggu,” ujarnya.

Elvi Yoza menjelaskan, untuk memberi kenyamanan kepada para pemudik saat melakukan antrian, saat ini pihaknya sudah memasang tenda di area pelabuhan ketapang untuk pemudik dengan mengendarai sepeda motor. Baik di area dermaga MB dan Ponton maupun di dermaga LCM.

“Panjang tenda itu sendiri mencapai 30 meter dengan lebar 10 meter,” kaat Elvi Yoza.

Dia menjelaskan, selain menyiapkan tenda, pihaknya juga mengoperasikan 1 unit kapal besar bernama KMP Potlink 7 yang bisa memuat kendaraan sedan sejenis mencapai 120 unit.

Sebelumnya, kapal tersebut beroperasi di Lintas Penyeberangan Padang Bai – Lembar, namun saat ini di perbantukan di operasikan di Lintas Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk.

“Di harapkan kapal itu bisa mengurai kemacetan kendaraan bermotor di saat puncak arus balik,” imbuhnya.

Meski demikian, Elvi Yoza mengaku sebenarnya armada kapal yang ada di nilai sudah cukup untuk melayani pengguna jasa penyeberangan di masa arus balik ini, yang berjumlah 49 unit.

“Namun yang di operasikan 32 unit, sedangkan 17 unit lainnya sebagai kapal cadangan,” tutur Elvi Yoza.

Dan dia menegaskan, di masa angkutan lebaran 2017 ini, pihak ASDP lebih mengutamakan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa dengan menyiapkan berbagai sarana prasarana tersebut.

Sementara itu, berdasarkan data dari pihak ASDP, sejak H+1 hingga H+2 Rabu (28/6) pada pukul 08.00 wib, jumlah penumpang pejalan kaki yang sudah balik dari pelabuhan ketapang ke pelabuhan gilimanuk bali sebanyak 38 ribuan orang. Kendaraan roda 2 sebanyak 4 ribuan unit dan kendaraan roda 4 berbagai jenis sebanyak 5 ribuan unit.

Sementara dari arah pelabuhan gilimanuk bali ke pelabuhan ketapang banyuwangi, pejalan kaki sebanyak 22 ribuan orang. Kendaraan roda 2 sebanyak 2 ribuan unit dan kendaraan roda 4 berbagai jenis sebanyak 3 ribuan unit.

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *