Home / News / Kurangi Penumpukan Penumpang, ASDP Sediakan Bufferzone

Kurangi Penumpukan Penumpang, ASDP Sediakan Bufferzone

Titik bufferzone tersebut berada di Istana Gandrung desa Kedayunan Kabat.

Daus VIS- Untuk mengurangi penumpukan kendaraan di pelabuhan Ketapang saat arus balik lebaran tahun ini, PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang menyediakan Buffer zone atau tempat pembelian tiket online di sejumlah titik area jalan menuju pelabuhan Ketapang.

Titik bufferzone tersebut berada di Istana Gandrung desa Kedayunan Kabat yang melayani pemudik dari wilayah selatan serta di Watudodol dan Pelindo yang melayani pemudik dari arah utara pelabuhan ketapang. Buffer zone sendiri dibuka selama 3 hari sejak hari Jumat hingga hari Minggu.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang Elvi Yoza menuturkan, untuk mengurangi terjadinya penumpukan kendaraan di pelabuhan Ketapang, PT ASDP menyediakan Bufferzone, berupa tempat untuk membeli tiket bagi calon penumpang kapal yang akan menyeberang ke Bali lewat pelabuhan ketapang. Selain berfungsi sebagai tempat penjualn tiket kapal online, Bufferzone yang disediakan juga bisa menjdi res area atau tempat istirahat bagi pemudik, yang dilengkapi dengan toilet dan area bermain bagi anak anak.

Di bufferzone tersebut, pemudik bisa langsung membeli tiket penyeberangan menuju pelabuhan gilimanuk. Bukti pembelian tiket di buffer zone tersebut, bisa langsung ditunjukkan kepada petugas, saat memasuki areal pelabuhan ketapang. Sehingga calon penumpang kapal yang akan menuju bali, tidak perlu lagi mengantri di pelabuhan ketapang dan bisa langsung naik keatas kapal.

Outlet Bufferzone sendiri lanjur Elvi, dibuka selama 3 hari, sejak hari jumat hingga hari minggu. Karena selama 3 hari tersebut, diprediksi menjadi puncak arus balik penumpang yang akan menuju pulau dewata. Titik lokasi bufferzone tersebut dibagi dua, yang akan melayani penupang dari arah selatan dan arah utara pelabuhan ketapang. Bagi penumpang yang berasal dari arah selatan, bisa membeli tiket kapal di bufferzone yang ada di Istana Gandrung, desa kedayunan kecamatan kabat. Sedangkan bagi penumpang kapal yang berasal dari arah utara pelabuhan, bisa membei tiket di Bufferzone yang ada di Watudodol dan area parkir kantor Pelindo.

Elvi Yoza menambahkan, outlet Bufferzone ini pertama kali dibuka saat arus mudik dan balik lebaran tahun 2017 ini. Hal ini menjadi upaya PT ASDP untuk mengurai kepadatan penumpang saat arus mudik dan balik lebaran. Sedangkan sebelumnya, outlet Bufferzon juga dibuka saat arus mudik jelang lebaran, yang loksinya berada di wilayah kabupaten Jembrana Bali.

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *