Home / News / Lebaran, Lapas Tingkatkan Pengamanan

Lebaran, Lapas Tingkatkan Pengamanan

Selama momen lebaran lapas Banyuwangi meningkatkan pengamanan.

Daus VIS – Selama momen lebaran, pembesuk di Lapas Banyuwangi membludak hingga 3 kali lipat. Tak ingin kecolongan, pengamanan Lapas pun ditingkatkan, dengan melibatkan personil TNI dan Polri. Bahkan Polres Banyuwangi, juga menurunkan anjing pelacak K-9 untuk mendeteksi narkoba serta benda – benda terlarang.

Kepala Lapas Banyuwangi, Arimin menuturkan, momen lebaran tahun 2017 ini, dimanfaatkan untuk bersilaturahmi sekaligus membesuk anggota keluarga mereka yang sedang menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2 B Banyuwangi. Sehingga jumlah pengunjung pun membludak hingga 3 kali lipat dibanding hari biasa.

Selama momen lebaran ini, Lapas Banyuwangi meningkatkan pengamanan dengan melibatkan personil dari Kodim 0825 dan Polres Banyuwangi. Setiap shift yang biasanya dijaga 7 orang petugas Lapas, saat ini, ditambah personil TN dan Polri sebanya 12 orang. Sehingga total ada 20 penjaga Lapas setiap harinya.

Berdasarkan Data Lapas Banyuwangi, dari total 830 orang warga binaan, sekitar 268 orang yang sering menerima pembesuk. Dari jumlah tersebut, pada lebaran 2017 ini, jumlah pengunjung bisa mencapai 1.264 orang. Dengan jam besuk yang terbatas, mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Arimin menambahkan, keberadaan petugas TNI, Polri serta anjing pelacak pada masa besuk lebaran memang sangat membantu petugas Lapas. Karena, sesuai SOP, sebelum bisa bertemu warga binaan, pembesuk memang harus menjalani pemeriksaan satu persatu tanpa terkecuali. Hal ini sengaja dilakukan, guna meminimalisir peredaran narkoba, serta benda terlarang lainnya yang dimungkinkan bisa masuk didalam Lapas.

“ Keberadaan TNI, Polri dan anjing pelacak sangat membantu petugas, ini guna meminimalisir peredaran narkoba di dalam lapas”, kata Arimin.

Sementara itu, di saat peringatan hari raya Idul Fitri tahun 2017 ini, sebanyak 290 Narapidana Lapas Banyuwangi menerima remisi atau potongan masa hukuman. 3 napi diantaranya menerima remisi dengan status langsung bebas saat lebaran.

Kebanyakan napi penerima remisi hukuman ini merupakan kasus pidana umum seperti pencurian, judi, hingga narkoba. Besaran penerima remisi ini beragam. Ada napi yang mendapat remisi 15 hari, satu bulan, hingga enam bulan masa potongan tahanan.

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *