Home / News / Pihak Otoritas Pelabuhan Larang KMP Mutiara Alas 3 Beroperasi

Pihak Otoritas Pelabuhan Larang KMP Mutiara Alas 3 Beroperasi

Sanksi ini diberikan untuk mempermudah proses penyelidikan kejadian.

Daus VIS – Pihak Otoritas Pelabuhan dan Penyeberangan atau OPP Gilimanuk melarang Kapal Motor Penumapang atau KMP Mutiara Alas 3 beroperasi. Sanksi larangan beroperasinya kapal milik PT. Atosim Pelayaran ini diberikan, pasca insiden jatuhnya penumpang dari atas KMP Mutiara Alas 3 di Perairan Gilimanuk, Rabu (28/6/17) kemarin.

Sanksi tersebut diberlakukan hingga proses pencarian penumpang yang hilang dan proses penyidikan kasus tersebut tuntas. Hasil penyelidikan sementara, peristiwa ini murni kecelakaan, bukan bunuh diri.

Kepala OPP Gilimanuk, Arief Moeljanto menuturkan, begitu mendapat laporan penumpang jatuh dari atas kapal, pihaknya langsung turun ke lokasi. Lalu, memerintahkan kapal tersebut berhenti beroperasi, menunggu proses penyidikan tuntas.

Sanksi ini diberikan untuk mempermudah proses penyelidikan kejadian. Setelah kapal bersandar, pihaknya akan menerjunkan tim untuk melakukan pemeriksaan ABK dan perwira kapal terkait insiden tersebut. Jika hasil penyelidikan tak ditemukan unsur kesengajaan atau kelalaian dari awak kapal, maka kapal akan diperbolehkan beroperasi kembali.

Arief menambahkan, insiden jatuhnya penumpang, Mahbub (18) asal Pasuruan, Jawa Timur ini, terjadi sekitar pukul 01.00 WIB . Saat kejadian, menurut Arief, korban sedang mengobrol bersama teman-temannya, persis di samping dek kapal. Dan saat ini penyebabnya masih diselidiki. Dan hingga Kamis sore (29/6/17) petugas gabungan dari tim SAR, TNI AL, Satpolair, KSOP dan ASDP masih melakukan pencarian.

Terkait kejadian ini, Arief menghimbau kepada seluruh operator pelayaran meningkatkan kewaspadaan. Terutama, ketika menyeberang saat malam hari. Setiap kapal juga menambah jumlah CCTV. Sehingga, bisa dilihat jika terjadi insiden di kapal. Seluruh Anak Buah Kapal atau ABK juga harus peka dengan kondisi penumpang, terutama saat malam hari.

“ Penyebab jatuhnya Mahbub masih terus diselidiki, kami himbau pada seluruh operator pelayaran tingkatkan kewaspadaan utamanya saat menyebrang pada malam hari”, katanya.

About farizkurnia

Check Also

Ditengah Rintik Hujan, Ribuan JCH Banyuwangi Diberangkatkan

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberangkatkan ribuan jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *