Home / News / Pemerintah Targetkan, BNPT Selesai 2019

Pemerintah Targetkan, BNPT Selesai 2019

Setiap warga menerima Rp 110.000 per bulan dan jika di akumulasikan dalam setahun bisa mencapai Rp 1.320.000.

Reporter : Ilex Vis

Radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah menargetkan, Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) bisa tersalurkan seluruhnya kepada 15,5 juta warga miskin se Indonesia pada 2019 mendatang.

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementrian Sosial, Andi ZA Dulung saat menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Banyuwangi, Rabu (30/8) mengatakan, sebenarnya, basis dari penerima BPNT ini adalah penerima Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) yang saat ini jumlahnya mencapai 15,5 juta jiwa.

“Saat ini sebanyak 1,2 juta warga miskin penerima Rastra sudah di transfer menjadi program BPNT di 44 kota,” ujar Andi.

Dalam artian, warga yang biasanya menerima beras dalam program Rastra, maka mereka mendapatkan uang yang nilainya sama dengan beras tersebut, dan langsung di transfer ke rekening mereka.

“Setiap warga menerima Rp 110.000 per bulan dan jika di akumulasikan dalam setahun bisa mencapai Rp 1.320.000,” ungkap Andi.

Sementara untuk pembayarannya di lakukan selama 4 kali, yakni di bulan Agustus, November, Februari dan Maret.

“Di tahun 2018 mendatang rencananya penerima BPNT menjadi 10 juta jiwa, sedangkan 5,5 juta jiwa sisanya masih menerima program Rastra,” imbuh Andi.

Di akuinya pula, penyaluran program BPNT ini lebih sulit di banding penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Pasalnya, penerima PKH bisa menerima uang cash melalui bank yang di tunjuk. Sementara untuk penyaluran program BPNT harus benar benar agen sembako.

“Jumlah penerima bantuan Rastra yang akan di transfer ke program BPNT ini akan tetap dan segera di selesaikan pada 2019 mendatang. Karena angka itu sudah bisa mengatasi angka kemiskinan di Indonesia yang saat ini ada di kisaran 25 persen atau sekitar 10,64 juta jiwa,” pungkas Andi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Banyuwangi, Peni Handayani yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, jumlah warga miskin di Banyuwangi yang tercatat menerima beras dari Program Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) yang di sebut juga penerima Bantuan Pangan Tunai, sebanyak 117.536 keluarga.

“Di Banyuwangi jenis bantuan social Rastra nya masih tunai dan di rencanakan akan beralih seluruhnya ke program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada 2018 mendatang,” ujar Peni.

Dia mengaku, saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi pendataan terhadap ke 117.536 warga miskin tersebut, sebelum program BPNT resmi di aplikasikan di Banyuwangi. Karena di khawatirkan, kemungkinan masih ada warga miskin yang semestinya dapat bantuan namun belum masuk ke dalam penerima Rastra, ataukah warga yang di nilai sudah mampu tapi masih masuk dalam data program tersebut.

“Dengan adanya program Bagi Roto (Bagito), saat ini masyarakat miskin sudah bisa melapor ke pihak desa setempat untuk di masukkan dalam data penerima Bantuan Sosial,” imbuhnya.

Untuk selanjutnya, pihak desa melakukan verifikasi di lapangan. Dan jika di nyatakan masuk dalam kriteria yang telah di tentukan BPS, maka melalui SK Bupati akan di laporkan ke Gubernur untuk di kirim ke pemerintah pusat.

About farizkurnia

Check Also

Kunjungi Agro Expo, Mendes PDT Apresiasi Upaya Banyuwangi ini

radiovisfm.com, Banyuwangi – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *