Home / News / Sejumlah Desa Di Wongsorejo Kekeringan

Sejumlah Desa Di Wongsorejo Kekeringan

Pihak Kecamatan sudah meminta bantuan pengiriman air kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi. Namun hingga kini masih belum juga di lakukan pengiriman air.

Reporter : Ilex Vis

Radiovisfm.com, Banyuwangi – Memasuki musim kemarau, sejumlah desa di wilayah Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi terjadi kekeringan. Lokasi Kecamatan Wongsorejo ini berada di wilayah Banyuwangi utara, berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo.

Di daerah ini, jarang turun hujan meskipun di berbagai daerah di wilayah Banyuwangi kota maupun selatan sering terjadi hujan dalam beberapa bulan terakhir ini. Hal ini di akibatkan, karena hampir seluruh wilayah Kecamatan Wongsorejo di kelilingi pegunungan sehingga sering terjadi kekeringan yang berkepanjangan.

Camat Wongsorejo Banyuwangi, Sulistiyowati mengatakan, hampir seluruh desa yang mengalami kekeringan tersebut berada di lereng pegunungan yang berjarak kurang lebih 13 KM dari pusat kota Kecamatan Wongsorejo.

“Di antaranya, di wilayah Desa Bangsring juga Desa Sidowangi,” ujar Sulistiyowati.

Untuk mengatasi kondisi ini, Sulistiyowati mengaku sudah meminta bantuan pengiriman air kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi.

“Namun hingga kini masih belum juga di lakukan pengiriman air,” ungkapnya.

Untung saja, dari pihak perkebunan yang berada tidak jauh dari pemukiman penduduk, bersedia memberikan bantuan suplay air kepada warga setempat sehingga kondisi ini di nilai bisa mengurangi beban mereka.

“Untuk masyarakat yang berada di pedalaman Desa Bangsring, mereka harus mengambil air bersih di kawasan perkebunan Selogiri sejauh belasan kilometer dari pemukiman penduduk,” kata Sulistiyowati.

Dia menambahkan, selain sudah memasuki musim kemarau, kekeringan di wilayahnya ini juga di akibatkan karena kendala sumur bor rusak yang telah di pasang di beberapa titik lahan pertanian maupun pemukiman warga.

Kecamatan Wongsorejo ini merupakan ujung utara dari wilayah Kabupaten Banyuwangi yang terdapat 12 desa. Sebelumnya, Pemerintah Daerah berencana membangun kawasan industri di kawasan ini. Namun rencana tersebut gagal karena mendapat penolakan sekelompok massa yang mengatas namakan warga setempat.

Struktur tanah di kawasan Kecamatan Wongsorejo ini berbeda dengan kecamatan lainnya di Banyuwangi dengan curah hujan yang lebih kecil. Kawasan ini kurang produktif untuk usaha pertanian, oleh karena itu peruntukan kawasan ini untuk industri dan peternakan.

Sementara itu, di wilayah Desa Bajulmati Kecamatan Wongsorejo telah di bangun waduk Bajulmati Banyuwangi dengan bantuan dana dari Pemerintah Pusat, yang diharapkan debit air dari waduk dapat mensuplai kebutuhan air baku untuk industri dan pertanian di wilayah setempat.

About farizkurnia

Check Also

Kunjungi Agro Expo, Mendes PDT Apresiasi Upaya Banyuwangi ini

radiovisfm.com, Banyuwangi – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *