Ini merupakan hasil gotong royong dan partisipasi masyarakat dan aparat kemanan yang di nilainya sangat luar biasa.

Reporter : Ilex Vis

Radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah Daerah menilai, dari sisi kwalitas peserta perhelatan balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen 2017 jauh lebih bagus di banding tahun sebelumnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang mengatakan, selama 3 tahun berturut turut, event ITdBI ini mendapat nilai Excelent dari UCI. Pasalnya, dari 36 event serupa hanya 6 yang mendapatkan nilai Excelent dan salah satunya adalah ITdBI.

“Saya harap di tahun ini juga dapat nilai yang sama, karena dari beberapa lokasi start cukup menarik. Di antaranya dari perkebunan coklat dan Pondok Pesantren,” papar Bupatri Anas.

“Ini merupakan salah satu upaya promosi pemerintah daerah melalui sport tourism yang di gelar Banyuwangi,” imbuhnya.

Ini berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestic ke Banyuwangi terus meningkat. Yang sebelumnya hanya 500 ribu orang pertahun, kini sudah mencapai 4,3 juta orang.

“Mengerjakan event ITdBI dengan jarak tempuh sejauh 533 KM bukan perkara yang mudah dan ini melibatkan rakyat serta seluruh aparat keamanan. Dari evaluasi secara keseluruhan, ITdBI 2017 mulai etape 1 hingga 4 zero incident,” tutur Bupati Anas.

Dia mengaku, ini merupakan hasil gotong royong dan partisipasi masyarakat dan aparat kemanan yang di nilainya sangat luar biasa. Oleh karena itulah, ditahun depan Pemkab Banyuwangi akan semakin meningkatkan kwalitas penyelenggaraan sehingga Comissioner yang datang dari berbagai negara juga semakin puas.

“Pelaksanaan di tahun mendatang dimungkinkan akan di tambah jarak tempuh sekaligus tantangannya,” pungkas Bupati Anas.

Sementara itu, pada International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) etape 4, Sabtu (30/9) berjarak tempuh 98,1 KM dengan start dari Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung dan finish di Kantor Pemkab Banyuwangi, yang di buka langsung oleh Bupati Anas.

Dan pembalap yang di kukuhkan sebagai terbaik dalam ITdBI 2017 adalah David Rebellin dari tim Kuwait-Cartucho.es. Sedangkan sebagai pemenang etape 4 Kategori Individu adalah Arvin Modazamigodarzi, tim Pishgaman Cycling Team dengan catatan waktu 2 jam 8 menit 17 detik.

Kategori Green Jersey atau raja sprint adalah Jos Koop dari Tim Procyclingstats dengan 29 point. Kategori Red Polka-dot Jersey atau raja tanjakan adalah Amir Kolahdouzhagh dari tim Pishgaman Cycling dengan 27 point.

Dan Kategori Red and White Jersey atau pembalap Indonesia terbaik adalah Jamal Hibatullah dari tim KFC. Sedangkan tim terbaik atau Team General Classification adalah Pishgaman Cycling Team Malaysia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *