Tunjangan transportasi tersebut berlaku bagi para anggota dewan.

Reporter : Daus VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi

Sejak awal bulan September lalu, mobil dinas milik anggota dewan dikembalikan ke bagian umum pemkab Banyuwangi. Pengembalian mobil plat merah tersebut menyusul diberlakukannya Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD. Sehingga penggunaan mobil dinas oleh anggota dewan, diganti dengan uang tunjangan transportasi sebesar Rp. 250 ribu per hari tiap anggota.

Ketua DPRD Banyuwangi, Made Cahyana Negara menuturkan, menyusul diberlakukannya tunjangan transportasi, 5 Mobil dinas jenis Toyota Innova dan empat mobil elf, yang dulunya digunakan untuk komisi dan alat kelengkapan dewan, dikembalikan ke Pemkab Banyuwangi. Tidak tanggung-tanggung, besaran tunjangan transportasi yang diterima setiap anggota dewan kurang lebih Rp. 250 ribu / hari.

Kebijakan nasional yang diatur dalam PP No.18 tahun 2017 tersebut salah satunya mengatur pemberian tunjangan transportasi bagi anggota DPRD. Tunjangan transportasi itu sudah mulai diberikan ke anggota per 1 September kemarin. Ketika tunjangan transportasi dikeluarkan melalui Perda, maka anggota dewan tidak boleh lagi menggunakan mobil dinas.

Terbitnya PP tersebut, kata Made, ditindaklanjuti dengan pengesahan dan pemberlakuan Perda Banyuwangi No 9 Tahun 2017. Perda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Banyuwangi tersebut telah diundangkan pada 15 Agustus lalu.

Namun demikian kata Made, tunjangan transportasi tersebut berlaku bagi para anggota dewan. Sedangkan ketua dan tiga wakil ketua DPRD Banyuwangi tetap menggunakan mobil dinas sehingga tidak mendapat tunjangan transportasi.

Besaran tunjangan transportasi tersebut kata Made disesuaikan dengan standar harga yang berlaku di Banyuwangi. anggota dewan menerima tunjangan 250 ribu per hari dikali hari efektif kerja per bulan. Adapun mibil dinas yang sebelumnya ada di dewan adalah mobil akat kelengkapan, yalni 4 mobil komisi, satu mobil Badan Kehormatan (BK) dan Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Bapemperda).

Sementara dikonfirmasi terpisah, Kepala Bagian Perlengkapan Pemkab Banyuwangi, Nanin Oktaviantie membenarkan mobil dinas DPRD telah dikembalikan ke Sekretariat Daerah. Saat ini, kendaraan jenis kijang Innova dan isuzu Elf tersebut masih dikumpulkan di kantor pemkab Banyuwangi. Bahkan bekas mobil dinas anggota dewan itu juga pernah digunakan untuk mendukung kegiatan Banyuwangi festival dan untuk keperluan transportasi tamu-tamu pemkab. Sedangkan jenis mobil dinas bekas anggota dewan yang sudah diserahkan ke pemkab antara lain, empat mobil Toyota Innova dan empat Isuzu Elf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *