News

Panwas Soroti Penetapan Anggota PPK oleh KPU

Panwas temukan anggota PPK masih terlibat sebagai pengurus Parpol.

Reporter : Daus VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi

KPU Banyuwangi telah menetapkan 5 orang anggota PPK tepilih di 25 kecamatan pada tanggal 7 November kemarin. Namun penetapan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan untuk pilgub Jatim 2018 tersebut, mendapat sorotan dari Panitia Pengawas Pemilu kabupaten (Panwaskab) Banyuwangi, karena ada satu anggota PPK kecamatan Banyuwangi yang diduga masih aktif menjadi pengurus partai politik.

Divisi pengawasan Panwaskab Banyuwangi, Aksan Mustofa menuturkan, panwaskab menemukan salah satu anggota PPK Banyuwangi yang terindikasi masih aktif menjabat wakil dewan syuro PKB kecamatan Banyuwangi. Padahal sesuai dengan Undang Undang, penyelenggara pemilu tidak boleh terlibat sebagai anggota atau pengurus partai politik.

Menindaklanjuti temuan tersebut, panwaskab sudah mengirimkan rekomendasi kepada KPU Kabupaten agar segera mengganti salah satu anggota PPK Banyuwangi terpilih, sebelum dilakukan pelantikan. Dan hingga saat ini, panwas masih menunggu sikap tegas KPU sesuai rekomendasinya.

Sementara itu, komisioner KPU Banyuwangi yang membidangi rekruitmen PPK dan PPS Pilgub, Jamaludin mengaku jika pihaknya sudah mengetahui informasi tentang salah satu anggota PPK Banyuwangi bernama Sugiyono yang terindikasi menjadi pengurus parpol.

Menyikapi temuan Panwas tersebut, KPU tidak bisa langsung melakukan penggantian dan masih mencari bukti otentik yang menyatakan jika anggota PPK Banyuwangi ini benar benar pengurus parpol.

Jamaludin mengaku jika pihaknya tidak mengetahui jika Sugiyono anggota parpol aktif, karena selama proses rekruitmen hingga uji publik calon PPK se Banyuwangi, belum ada masukan atau tanggapan masyarakat jika ada calon PPK yang terlibat parpol. Informasi keterlibatan Sugiyono baru didapatnya setelah KPU mengumumkan 5 orang anggota PPK terpilih di 25 kecamatan pada tanggal 7 November lalu.

Jamaludin menambahkan, KPU tetap akan melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan untuk memastikan apakah terlibat atau tidak sebagai anggota parpol. Jika benar Sugiyono masih aktif menjadi pengurus parpol, akan segera dilakukan penggantian sebelum dilakukannya pelantikan PPK se kabupaten banyuwangi tanggal 23 November mendatang.

About the author

farizkurnia

Leave a Comment