Home / Banyuwangi Hari Ini / Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga Di Pesanggaran

Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga Di Pesanggaran

radiovisfm.com, Banyuwangi – Ratusan rumah warga di kawasan 3 desa di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi terendam banjir, akibat hujan deras dengan intensitas cukup tinggi mengguyur wilayah setempat.

Berdasarkan data pada BPBD Banyuwangi dan kepolisian, ke 3 daerah yang terendam banjir tersebut adalah Dusun Ringin Agung RT 01 RW 08 Desa Pesanggaran, Dusun Silir Baru RT 04 RW 05 Desa Sumber Agung dan Dusun Tembakur RT 05 RW 01 Desa Sumber Mulyo. Selain itu, banjir juga merendam 15 hektar lahan pertanian buah naga dan jeruk.

Kabid Kedarutan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam mengatakan, ketinggian air yang merendam rumah warga dan lahan pertanian tersebut berkisar antara 50 cm hingga 1 meter.

“Total rumah warga yang terendam mencapai 300 an rumah,” ujar Eka.

Bahkan, 1 rumah milik Atim (54) yang ada di kawasan Dusun Pancer RT 02 RW 03 Desa Sumber Agung Kecamatan Pesanggaran roboh akibat hujan deras disertai angin cukup kencang. Untung saja dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, karena saat kejadian korban bersama istri dan 2 anaknya menginap di warungnya di area wisata Pantai Mustika.

“Selain hujan deras, banjir ini juga di akibatkan karena volume air di sungai Ganggo meningkat sehingga meluap ke badan jalan hingga masuk ke perkampungan warga dan merendam lahan pertanian,” tutur Eka.

Sementara itu, setelah BPBD melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial saat ini sudah di buka dapur umum yang di tangani oleh tim dari Tagana bersama TRC BPBD.

“Untuk tahap awal, telah di siapkan 1.500 an bungkus nasi yang di berikan kepada para korban karena mereka tidak bisa melakukan aktifitas di dapur akibat rumahnya terendam banjir,” kata Eka.

Berdasarkan informasi yang berhasil di himpun, di hari yang sama di kawasan daerah kampung babatan Kecamatan Pesanggaran terjadi banjir bandang. Yang mengakibatkan, 3 jembatan ambrol dan hanyut terbawa air cukup deras. Juga 1 jembatan cor menuju ke wisata Pantai Wedi Ireng ambrol.

Sementara itu, kepolisian bersama TNI dan BPBD membantu mengevakuasi berbagai barang berharga milik para warga ke tempat yang lebih aman. Dan pemerintah kecamatan maupun pemerintah desa setempat juga telah menyiapkan tempat pengungsian di beberapa titik untuk para korban.

About Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Check Also

Dana Desa Meningkat, Menteri Desa : Gunakan Untuk Berdayakan Ekonomi Masyarakat

radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah Pusat meminta setiap desa menggunakan dana desanya untuk memberdayakan ekonomi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *