radiovisfm.com, Banyuwangi – Akibat di hantam angin cukup kencang, beberapa pohon besar di sejumlah titik roboh, Kamis (11/1). Seperti yang terjadi di kawasan Jalan Ijen Kelurahan Singotrunan barat patung PKBR, sebuah pohon jenis sono berdiameter 60 cm roboh. Juga di Jalan Letkol Istiqlah depan kantor BPJS Kesehatan, pohon jenis trembesi roboh menimpa mobil kijang inova bernopol P 1386 ZT yang terparkir di bawah pohon.

Selain itu, pohon dengan jenis yang sama dengan diameter tidak terlalu besar di depan SMP Negeri 1 Banyuwangi patah pada beberapa bagian batangnya. Namun naas, seorang nenek bernama Hindun warga Kelurahan Tukang Kayu Kecamatan Banyuwangi tertimpa batang pohon tersebut saat sedang berjalan di trotoar. Lalu di evakuasi oleh warga setempat ke dalam salah satu ruangan SMP Negeri 1 Banyuwangi, untuk di lakukan penanganan seadanya.

Untuk mengatasi pohon roboh tersebut, tim dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang bersama TRC BPBD Banyuwangi mendatangi sejumlah lokasi tersebut untuk melakukan pemotongan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam mengakui bahwa, dalam beberapa hari terakhir ini, telah terjadi puluhan pohon roboh di sejumlah lokasi utamanya di pinggir jalan raya. Hal ini di akibatkan karena hujan deras di sertai angin kencang menghantam pepohonan tersebut.

“Untuk pohon jenis trembesi memang mudah sekali roboh karena dahannya tidak terlalu kuat jika di guyur hujan deras. Selain itu, juga karena usia pohon yang terbilang sudah cukup tua sehingga akarnya tidak kuat menahan besarnya batang pohon,” papar Eka.

Meski demikian menurut Eka, pihaknya selalu siap siaga bersama tim TRC menyiapkan berbagai sarana prasarana untuk melakukan penanganan jika terjadi hujan deras dan angin kencang, yang mengakibatkan banjir maupun pohon roboh.

“Kami pastikan, penanganan pohon roboh mulai dari pemotongan hingga evakuasi ke pinggir jalan, akan tertangani selama 30 menit,” pungkas Eka.

Sebelumnya pada Rabu (10/1), juga terjadi peristiwa pohon roboh di kawasan Jalan Brawijaya Kelurahan Mojopanggung dan Jalan Mawar Kelurahan Penataban Kecamatan Giri. Yang mengakibatkan arus lalu lintas sempat terjadi kemacetan dan di alihkan ke sejumlah jalur alternative.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *