Banyuwangi Hari Ini Sosial Dan Budaya

Anas : Jembatan Ambrol Dibangun 3 Bulan Lagi

Ilex VIS
Written by Ilex VIS

 

Radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah Daerah memastikan, pembangunan beberapa jembatan di kawasan Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi yang ambrol akibat di terjang banjir, akan di lakukan pada 3 bulan ke depan.

Hal ini di sampaikan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat meninjau jembatan ambrol di Dusun Pancer Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Senin (15/1).

Dia memastikan jembatan tersebut akan segera dibangun pemkab menggunakan dana APBD 2018.

“Meskipun sebenarnya jembatan yang ambrol itu berada di kawasan Pehutani tapi pemerintah daerah akan segera membantu membangun kembali menggunakan dana APBD 2018, karena ini sangat urgen,” papar Bupati Anas.

“Untuk di tahun 2018 ini, dua jembatan dulu yang akan di bangun,” imbuhnya.

Jembatan yang ambrol tersebut adalah jembatan Babakan yang menghubungkan Pancer dengan wisata Pantai Wedi Ireng. Jembatan Babakan adalah satu dari empat jembatan yang ambrol akibat banjir yang melanda lima desa di Kecamatan Pesanggaran pada Rabu malam (10/1) akibat curah hujan yang tinggi.

Menurut warga setempat, banjir yang melanda desanya adalah juga siklus yang menimpa setiap lima belas tahun sekali. Jembatan tersebut sebelumnya dibangun swadaya masyarakat sebagai akses menuju Pantai Wedi Ireng.

“Pemkab akan fokus pada pembangunan infrastruktur jembatan,” tutur Bupati Anas.

Hal ini dikarenakan wilayah terdampak banjir tersebut, berada dalam kawasan Perhutani yang membutuhkan regulasi tertentu untuk dilakukan pembangunan infrastruktur.

Bupati Anas mengaku, lokasi tersebut merupakan kawasan khusus yang masuk ke wilayah perhutani. Sehingga pemda tidak bisa melakukan pembangunan seperti halnya jalan.

“Tapi beberapa bagian yang sangat mendesak seperti jembatan itu, bisa di upayakan pembangunannya. Sedangkan untuk jalan jalan yang rusak akan di lakukan penambalan aspalnya juga,” papar Bupati Anas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyuwangi Mujiono mengatakan pembangunan jembatan ini menggunakan APBD 2018. Setidaknya, dalam tiga bulan ke depan akan dimulai pengerjaannya.

“Karena harus di hitung terlebih dahulu tinggi, lebar dan panjangnya kemudian juga alur lainnya,” ungkap Mujiono.

“Perlu dilakukan studi dan pembetonan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Untuk sementara, lanjut Mujiono, dibangun jembatan darurat untuk mengganti fungsi jembatan yang ambrol sembari menunggu selesainya jembatan yang baru.

“Untuk jalan-jalan aspal yang rusak akan di tambal juga dengan mengerahkan Satgas jalan berlubang ke lokasi,” pungkasnya.

 

 

About the author

Ilex VIS

Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Leave a Comment