Banyuwangi Hari Ini Sosial Dan Budaya

Banyuwangi Rehabilitasi Warga Sebatang Kara

Ilex VIS
Written by Ilex VIS

Radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemkab Banyuwangi telah melakukan penanganan khusus bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), dengan memberikan perawatan di gedung Graha Rehabilitasi Sosial milik pemerintah daerah.

Lokasi gedung tersebut berada di wilayah Desa Licin Kecamatan Licin bersebelahan dengan Puskesmas Licin. Pemerintah Daerah sengaja memilih lokasi tersebut, karena situasinya dingin dan sejuk yang di nilai penanganan kesehatan terhadap mereka bisa terintegrasi.

Saat berkunjung kesini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kualitas layanan di tempat ini bakal diperbaiki. Termasuk akan ditambah dengan kehadiran psikolog untuk menemani warga yang ada di tempat tersebut.

“Aspek psikologi ini penting karena mereka sebatang kara dan perlu terus dimotivasi, termasuk di tempat itu juga ada kegiatan-kegiatan produktif seperti berkebun,” tutur Bupati Anas.

Untuk tim kesehatan, Bupati Anas juga telah meminta untuk terus diperbaiki pelayanannya, ada pemeriksaan rutin dan pemberian makanan bergizi. Dia berharap warga aktif melaporkan ke desa atau kecamatan maupun ke Dinas Sosial, jika ada tetangganya yang perlu ditampung di Graha Rehabilitasi Sosial. Pasalnya, jangkauan pemerintah daerah di nilai terbatas.

“Dalam hal ini Pemkab Banyuwangi hadir untuk menangani warga terlantar ataupun yang sebatang kara dan tidak ada yang merawat,” kata Bupati Anas.

“Di Graha Rehabilitasi Sosial khusus merawat mereka yang belum mandiri. Tapi jika di anggap sudah bisa mandiri, maka akan di kembalikan kepada keluarganya ataupun di rawat di rumah sakit Krikilan,” paparnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Anas menyempatkan untuk berbincang bincang dengan para warga telantar tersebut. Salah satunya dengan Saniyah (70) yang sebelumnya di serahkan oleh Kepala Desa Olehsari Kecamatan Glagah karena sudah tidak memiliki keluarga.

“Saua senang, kerasan bisa di tampung di Graha Rehabilitasi Sosial ini,” ungkap Saniyah.

Sementara itu, Aisyah (80) yang juga menghuni tempat tersebut mengatakan, ingin bertemu dengan keluarganya namun dia tidak mengetahui keberadaan mereka.

“Saya terakhir tinggal di Kelurahan Lateng Kecamatan Banyuwangi,” tutur Aisyah.

Dia menjelaskan, sebelumnya berjualan keranjang keliling hingga suatu saat dia tertidur di pinggir jalan dan di temukan oleh seorang warga, lalu di laporkan ke pihak Dinas Sosial,untuk selanjutnya di rawat di Graha Rehabilitasi Sosial tersebut sejak 3 tahun lalu.

Kepala Dinas Sosial Banyuwangi, Peni Handayani mengatakan, saat ini penghuni Graha Rehabilitasi Sosial itu sebanyak 10 orang, dan sebelumnya sejumlah 13 orang.

“Kini, perawatan ke 3 orang lainnya sudah di pindahkan ke Rumah Sakit Krikilan karena di nilai sudah bisa mandiri,” pungkas Peni.

 

About the author

Ilex VIS

Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Leave a Comment