Banyuwangi Hari Ini Sosial Dan Budaya

Akhirnya, Jembatan Darurat Pancer Selesai

Ilex VIS
Written by Ilex VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi – Dihari kedua kegiatan padat karya yang di lakukan masyarakat setempat bersama BPBD Banyuwangi, Selasa (16/1), perbaikan jembatan darurat di Dusun Pancer Desa Sumberagung Kecamatan pesanggaran sudah selesai.

Sebelumnya, jembatan yang menghubungkan pemukiman penduduk dengan lahan pertanian dan lahan perhutani tersebut, di hantam banjir bandang.

Jembatan yang memiliki panjang 6 meter dan lebar 4 meter itu berada di dalam satu dusun dan bukan menghubungkan antar desa.

Sehingga menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, jembatan tersebut berada di kawasan lahan Perhutani dan untuk perbaikan seharusnya dari pihak perhutani sendiri.

“Tapi ini sangat mendesak, maka perbaikan jembatan segera di lakukan dengan melibatkan sebagian besar warga setempat di bantu Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banyuwangi,” ujar Eka.

“Yakni dengan membuat jembatan dari beberapa batang kayu jenis Glugu yang di tumpangi anyaman bambu sebagai penguat, agar bisa di lalui kendaraan bermotor khususnya roda 2,” imbuhnya.

Eka mengatakan, kegiatan padat karya pembangunan jembatan ini adalah sebagai pemulihan sarana prasarana guna memberdayakan masyarakat setempat. Dan jembatan darurat ini sengaja di bangun sebelum nantinya di tindak lanjuti oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang, untuk membangun jembatan yang permanen.

“Sehingga, dengan jembatan darurat tersebut mobilitas masyarakat masih bisa berjalan dengan lancar,” pungkas Eka.

Sementara itu, dalam peninjauannya di lokasi banjir pada Senin (15/1), Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, perbaikan jembatan tersebut akan di lakukan pada 3 bulan mendatang dengan dana dari APBD 2018.

“Untuk sementara, di bangun 2 jembatan terlebih dahulu. Karena dari pantauan di lapangan, terdapat 4 jembatan yang mengalami kerusakan,” ujar Bupati Anas.

“Perbaikan jembatan ini sangat urgen untuk mobilitas masyarakat. Dan untuk jalan jalan yang rusak, akan di lakukan tambal sulam,” tutur Bupati Anas.

About the author

Ilex VIS

Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Leave a Comment