Banyuwangi Hari Ini Sosial Dan Budaya

Panwas Lantik Panitia Pengawas Lapangan

PPL yang baru dilantik harapannya bisa bersinergi dengan PPS dan pemerintahan desa.

 

Reporter : Daus VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi

 

Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Banyuwangi Rabu siang (17/1) melantik seluruh Panitia Pengawas Lapangan  (PPL) di desa dan kelurahan yang ada di kabupaten Banyuwangi.

 

Namun dari 217 desa dan kelurahan di Banyuwangi, masih ada dua desa dan satu kelurahan yang belum ada PPL nya. Yakni desa Gitik Rogojampi, desa Gendoh, Sempu dan kelurahan Temenggungan kecamatan Banyuwangi.

 

Ketua Panwaskab Banyuwangi, Hasyim Wahid menuturkan, satu orang PPL di tiap desa dan kelurahan yang baru dilantik ini akan langsung menjalankan tugasnya melakukan pengawasan proses pemilu gubernur dan wakil gubernur di desanya masing masing. Sedangkan saat ini, tahapan Pilgub Jatim adalah proses pemutakhiran daftar pemilih sementara.

 

Hasyim menjelaskan, saat ini masih ada 2 desa dan 1 kelurahan yang belum ada tenaga PPL nya karena tidak ada ya g melamar. Sehingga pelantikannya menyusul. Karena pelantikan PPL ini dilakukan serentak menyesuaikan dengan tahapan Pilgub.

 

Sedangkan tugas pengawasan pemilu di dua desa dan satu kelurahan tersebut, akan ditangani langsung oleh panwascam setempat, sambil menunggu pelamar PPL yang mendaftar.

 

Hasyim Wahid menambahkan, tidak adanya masyarakat yang mendaftar sebagai Pengawas pemilu tingkat desa tersebut bukan karena peminat  PPL minim. Namun karena minimnya sosialisasi yang dilakukan oleh panwascam ke desa di wilayahnya. oleh karena itu, Panwaskab menunggu tugas dari panwascam Banyuwangi, Sempu dan Rogojampi untuk menuntaskan tugasnya mencari petugas PPL dikelurahan Temenggungan, desa Gendoh dan desa Gitik,  sebagaimana panwascam lainnya, yang sudah menyelesaikan tugasnya untuk merekrut PPL.

 

Mantan jurnalis TV ini juga berharap kepada PPL yang baru dilantik bisa bersinergi dengan PPS dan pemerintahan desa di wilayahnya dalam menjalankan tugas sebagai pengawas tahapan pemilu gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2018 yang juga bersamaan dengan pelaksanaan tahapan Pileg pilpres 2019.

About the author

Daus VIS

Leave a Comment