Banyuwangi Hari Ini

2018, Bapemperda DPRD siapkan bahasan 5 Raperda

Bapemperda segera usulkan tiga raperda dibahas pada triwulan pertama tahun 2018.

Reporter : Daus VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi

Memasuki tahun 2018 ini, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Banyuwangi akan segera mengusulkan tiga Rancangan Peraturan Daerah atau Raperda untuk segera dibahas pada triwulan pertama tahun 2018.

Ketiga Raperda tersebut adalah Raperda tentang Perubahan Perda No. 1 Tahun 1998 tentang Pendirian PDAM Banyuwangi, Raperda tentang Perubahan Perda Nomor  1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan satu raperda inisiatif dewan tentang Perubahan Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang Izin Pengunaan dan Pemanfaatan Tanah atau IPPT.

Ketua Bapemperda DPRD Banyuwangi, Ruliyono menuturkan, jika pihaknya sudah mengusulkan kepada eksekutif untuk segera mengirimkan naskah akademik dua Raperda yang akan segera dibahas tersebut. Karena hasil kordinasi dengan eksekutif, dua raperda ini naskah akademiknya sudah siap.

Sedangkan satu raperda yakni raperda tentang Izin Pengunaan dan Pemanfaatan Tanah, kata Ruliyono, rencana pembahasannya akan dikonsultasikan dulu ke gubernuratau kementrian. sebab raperda IPPPT ini tahun 2015 yang lalu pembahasannya sempat terkendala, karena ada perdebatan sejumlah pasal didalamnya.

Namun untuk dua Raperda tentang revisi Perda usulan dari eksekutif yang akan dibahas nanti, lebih ditekankan pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Ruliyono menambahkan, selain merencanakan pembahasan 3 raperda di awal tahun ini, saat ini DPRD juga tengah mengajukan tambahan dua raperda yang masuk dalam propemperda tahun 2018 ini. Hal itu dilakukan, agar kinerja Propemperda tahun 2018 bisa lebih maksimal. Sehingga diperkirakan, dalam 3 tiga buan pertama di tahun 2018 ini, dewan akan membahas 5 raperda.

Program pembentukan peraturan daerah, DPRD Kabupaten Banyuwangi, pada tahun 2018 akan membahas sebanyak 19 Raperda. Rinciannya 9 Raperda merupakan inisiatif  DPRD, dan 10 Raperda usulan dari eksekutif.

About the author

Daus VIS

Leave a Comment