Banyuwangi Hari Ini

KPU Verifikasi Kepengurusan 16 Parpol

KPU ingin memastikan kantor parpol tersebut sudah ada di Banyuwangi.

Reporter : Daus VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi – KPU Banyuwangi melakukan verifikasi kepengurusan terhadap 16 partai politik calon peserta pemilu 2019 selama 3 hari. Verifikasi kepengurusan yang dilakukan sejak tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2018 tersebut, dilakukan kpu untuk memastikan alamat kantor dan pengurus parpil yang bersangkutan benar benar sudah ada di Banyuwangi.

Komisioner KPU Banyuwangi Edy Saiful Anwar menuturkan, untuk hari pertama ini, tim dari KPU yang terdiri dari komisioner dan staf melakukan verifikasi terhadap 7 parpol peserta pemilu di banyuwangi dengan mendatangi alamat kantor parpol yang bersangkutan. yak i PDI perjuangan, Golkar, PKB, PKS, Gerindra , Hanura dan Demokrat.

Dalam verifikasi kepengurusan tersebut, KPU ingin memastikan kantor parpol tersebut sudah ada di Banyuwangi dan tidak harus milik sendiri. Jika kantor parpol tersebut sewa, maka batas waktu sewanya minimal hingga akhir tahun 2019 atau berakhirnya tahapan pemilu legislatif dan pemilu presiden.

Sedangkan verifikasi kepengurusan yang dilakukan KPU lanjut Edy, dengan memeriksa dan memastikan struktur kepengurusan parpol tersebut harus sudah terbentuk, yang terdiri dari ketua wakil ketua, sekretaris dan bendahara serta ketua bidang. Struktur Kepengurusan parpol ini, harus memperhatikan keterlibatan 30 persen perempuan yang menjabat pengurus parpol bersangkutan. Ketentuan tentang kewajiban melibatkan 30 persen perempuan dalam struktur pengurus parpol ini hanya berlaku di tingkat pusat.

Sedangkan pengurus parpol di tingkat daerah kata Edy, hanya diajurkan untuk melibatkan 30 persen perempuan didalamnya. Namun dari pantauan KPU, kebanyakan parpol yang diverifikasinya, kebanyakan melibatkan lebih dari 30 persen perempuan, dari total jumlah pengurus parpol yang diverifikasinya.

12 partai politik yang diverifikasi oleh Kpu adalah, PDI Perjuangan, PKB, Golkar, Demokrat, Gerindra, dan Hanura serta Partai Persatuan Pembangunan, Partai Nasdem, PKS dan Partai Amanat Nasional PBB dan PKPI. Ditambah Empat parpol pendatang baru, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya serta Partai Gerakan Perubahan Indonesia atau Garuda.

 

 

 

 

 

 

About the author

Daus VIS

Leave a Comment