Seorang dokter di Inggris berhasil mengeluarkan gumpalan kotoran raksasa dari dalam telinga pasien. Tindakan dokter bermula dari keluhan si pasien yang mengaku mengalami gangguan pendengaran.

Awalnya, pasien yang tak disebutkan namanya itu mengaku tak bisa mengeluarkan gumpalan kotoran telinga yang menghalangi pendengarannya.

Dia kemudian pergi ke dokter spesialis telinga Neel Raithatha yang berhasil menarik keluar gumpalan kotoran telinga yang menancap erat di dalam telinganya.

Gumpalan raksasa yang terbentuk dari kotoran dan rambut itu dikeluarkan melalui operasi kecil di Oadby, Leicestershire.

Prosedur itu dilakukan secara endoskopi yang merupakan teknik yang telah dikembangkan dan digunakan sendiri oleh Neel di Inggris.

” Gumpalan raksasa yang menempel kuat di dinding saluran telinga itu kering dan bercampur dengan rambut sehingga sangat mengganggu. Akibatnya, pasien kehilangan pendengarannya,” jelas Neel.

Neel menggunakan pengait telinga khusus untuk memisahkan gumpalan kotoran telinga dari dinding saluran telinga.

Untuk membersihkan saluran telinga pasien, Neel membutuhkan waktu 2 menit. Namun Neel memperingatkan orang-orang untuk menghubungi dokter jika ingin membersihkan telinga.

” Gumpalan kotoran telinga itu tidak mengancam jiwa. Hanya saja, pasien tidak dapat mendengar, misalnya mobil yang lewat saat menyeberang jalan,” kata Neel.

Neel tidak merekomendasikan untuk membersihkan kotoran telinga sendiri. Penggunaan cotton bud justru akan semakin membuat kotoran terdorong ke dalam saluran telinga.

” Selain itu, cotton bud bisa mengikis dinding saluran telinga. Akibat terburuknya bisa melubangi gendang telinga,” pungkas Neel

Source : mirror.co.uk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *