Banyuwangi Hari Ini News

Cuaca Buruk, Nelayan Tercebur Kelaut Dan Belum Ditemukan

Ilex VIS
Written by Ilex VIS

Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Seorang nelayan tercebur ke laut saat sedang mencari ikan di kawasan Pantai Rajegwesi Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi, dan hingga kini tim gabungan masih mencari keberadaan korban.

Saat itu korban, Darmaji (13) warga Desa Sarongan RT 01 RW 02 Kecamatan Pesanggaran mengajak nelayan lainnya, Giran (40) untuk mencari ikan di tengah laut dengan cara menjaring.

Giran sudah menasehatinya agar tidak ikut melaut karena sering terjadi cuaca buruk, yakni gelombang tinggi dan angin kencang. Namun korban tetap memaksa untuk ikut melaut.

Kasat Polairud Banyuwangi, AKP Subandi mengatakan, karena terus mendesak, dirinya pun mengajak korban yang masih berusia belia tersebut melaut di kawasan perairan Pantai Rajegwesi dengan menumpang perahu.

“Selang beebrapa lama, mereka pun mendapatkan ikan yang cukup banyak lalu mereka hendak merapat ke daratan untuk pulang. Selain itu, juga karena korban mengalami mabuk laut dan cepat cepat ingin pulang,” papar AKP Subandi.

Saat itulah menurut AKP Subandi, korban berusaha menghidupkan ganset yang ada di bagian belakang perahu karena mati. Bersamaan dengan itu, tiba tiba datang ombak cukup tinggi menghantam perahu mereka.

“Akibatnya, korban yang sedang menghidupkan ganset itu tercebur ke laut terbawa arus,” ungkap AKP Subandi.

Giran pun meminta bantuan para nelayan yang kebetulan melintas di lokasi, untuk ikut serta mencari keberadaan korban.

AKP Subandi menjelaskan, setelah mendapat laporan dari masyarakat, pihaknya bersama Basarnas dan aparat TNI AL serta nelayan setempat, melakukan pencarian terhadap korban dengan menyisir di sepanjang lokasi kejadian.

“Tapi karena cuaca buruk, pencarian terpaksa di hentikan beberapa kali dan akan di lanjutkan pada kamis (8/2),” imbuhnya.

AKP Subandi menambahkan, dalam upaya pencarian ini, pihaknya menurunkan 2 aparat Satpolairud bersama para personel Basarnas dan anggota TNI AL dengan menggunakan perahu karet milik Basarnas.

“Dalam pencarian babak kedua akan di lakukan penyisiran hingga ke wilayah selatan dan utara perairan Banyuwangi. Karena di sinyalir, tubuh korban terbawa arus cukup kuat di perairan setempat,” pungkas AKP Subandi.

About the author

Ilex VIS

Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Leave a Comment