Banyuwangi Hari Ini News

Densus 88 Amankan Benda Mencurigakan Dari Rumah Terduga Teroris

Ilex VIS
Written by Ilex VIS

Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Tim Densus 88 Mabes Polri mengamankan sejumlah bahan peledak di dalam rumah terduga teroris di kawasan Dusun Rejosari Desa Benculuk Kecamatan Cluring Banyuwangi, yang sebelumnya tertangkap di Poso Sulawesi Tengah.

Rumah tersebut adalah milik Rizal Muzakki (27), terduga teroris yang telah melakukan berbagai aksi di sejumlah lokasi termasuk di Banyuwangi.

Di tahun 2016 lalu, dia melakukan penyerangan di Kantor Samsat Benculuk Kecamatan Cluring Banyuwangi dengan melempar bom Molotov. Kepolisian pun bergerak cepat untuk mengungkap pelakunya namun tidak berhasil. Satu tahun kemudian di tahun 2017, Rizal kembali melakukan aksi yang sama dengan melempar Mapolsek Cluring mengunakan bom Molotov dan lagi lagi belum berhasil tertangkap.

Setelah kepolisian berhasil mengungkap identitasnya, pelaku melarikan diri ke luar daerah hingga akhirnya tertangkap oleh tim Densus 88 Mabes Polri di Poso Sulawesi Tengah setelah kepolisian berhasil mengungkap jaringan kelompok islam radikal, yang menyeret nama Rizal Muzakki tersebut.

Kasat Reskrim Polres Banyuwangi, AKP Sodik Efendi membenarkan adanya tim densus 88 yang melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris itu.

“Di temukan sejumlah barang yang di duga sebagai bahan peledak,” ujar Kasat Reskrim.

Pasalnya, dari pengakuan Rizal kepada kepolisian, di rumahnya masih tersimpan berbagai barang yang di indikasi sebagai bahan rakitan bom molotov.

“Dalam hal ini, Polres Banyuwangi hanya mendampingi saja terhadap upaya penggeledehan yang di lakukan tim Densus 88 tersebut, dan tidak memiliki kewenangan untuk menjelaskan lebih detail,” papar AKP Sodik.

Oleh karena itulah, kasus ini langsung di tangani Mabes Polri guna pengembangan penyidikan.

Saat melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris itu, tim yang tergabung dalam Densus 88 sebanyak 3 personel. Dan rumah tersebut sudah lama ditinggal oleh penghuninya, sedangkan kedua orang tua Rizal Muzakki sudah meninggal dunia.

Sementara itu, pasca di lakukan penggeledahan, kepolisian memberikan garis polisi di seputaran rumah Rizal supaya tidak ada masyarakat yang mendekat.

 

 

About the author

Ilex VIS

Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Leave a Comment