Banyuwangi Hari Ini

Penyertaan Modal Daerah ke PDAM Tingkatkan Pelayanan  

Eksekutif telah ajukan dua raperda salah satunya penyertaan modal daerah kepada PDAM.

Reporter : Daus VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi – Penyertaan modal daerah kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pendapatan. Sedangkan perubahan nilai denda keterlambatan kepengurusan administrasi kependudukan dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh wakil bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko pada Selasa siang (13/2) saat menyampaikan jawaban atas pemandangan umum fraksi terhadap diajukannya dua raperda.

Yusuf Widyatmoko menuturkan, eksekutif telah mengajukan dua raperda kepada dewan untuk segera dibahas. Yakni raperda tentang perubahan perda nomor 2 tahun 2014 tentang administrasi kependudukan dan raperda tentang penyertaan modal daerah kepada PDAM.

Perubahan perda tentang administrasi kependudukan ini dilakukan meningkatkan jumlah nilai denda kepada masyarakat tentang keterlambatan dalam pengurusan administrasi kependudukan  seperti KTP, KK dan akta kelahiran. Karena dalam perda sebelumnya, masyarakat yang telat mengurus administrasi kependudukan dikenai denda Rp. 50 ribu.

Peningkatan jumlah denda pengurusan administrasi kependudukan ini lanjut Wabup, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar secepatnya mengurus masalah administrasi kependudukan yang dibutuhkan, seperti KTP, Kartu Keluarga atau Kkta kelahiran, utamanya yang mengalami perubahan data kependudukan. Selain itu, peningkatan denda administrasi kependudukan ini juga bisa menjadi salah satu tambahan pendapatan daerah.

Lebih lanjut Yusuf Widyatmoko menuturkan, menanggapi pandangan sejumlah fraksi tentang usulan raperda penyertaan modal daerah kepada perusahaan daerah air minum yang dilakukan eksekutif, sebagai upaya investasi langsung berupa penyertaan modal kepada perusahaan daerah.

Dengan harapan, penyertaan modal daerah ini bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan PDAM kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Disisi lain, investasi daerah kepada PDAM ini juga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan daerah dari laba pengelolaan air minum oleh PDAM Banyuwangi.

About the author

Daus VIS

Leave a Comment