Home / Banyuwangi Hari Ini / Tertimpa Pohon Jati, Rumah Buham Roboh Nyaris Rata Dengan Tanah

Tertimpa Pohon Jati, Rumah Buham Roboh Nyaris Rata Dengan Tanah

Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Rumah milik keluarga Buham di kawasan Desa Pondok Nongko Kecamatan Kabat Banyuwangi nyaris rata dengan tanah, setelah tertimpa pohon jati yang roboh akibat angin kencang. Tepatnya di Dusun Krajan RT 01 RW 05.

Kakek berusia 65 tahun tersebut tinggal bersama istrinya, Suripah (73) dan anak terakhirnya.

Camat Kabat Banyuwangi, Susanto Wibowo mengatakan, pihaknya telah meninjau ke lokasi kejadian serta memberikan semangat kepada korban.

“Rencananya, masyarakat setempat akan melakukan gotong royong untuk membenahi rumah korban,” ujar Camat Kabat.

Sementara, BPBD telah memberikan bantuan tenda untuk bermukim korban sementara. Namun rupanya, tetangganya ada yang siap menampung mereka selama rumahnya di perbaiki.

“Kami telah mengajukan dana untuk pembangunan rumah korban kepada instansi terkait, juga mengajukan pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banyuwangi guna mempercepat proses pembangunan kembali rumah korban,” tutur Camat Susanto.

“Dalam kesehariannya, korban bekerja sebagai buruh tani namun tiga orang anaknya juga terkadang membantu perekonomian orang tuanya,” imbuhnya.

Tanah yang di tempati keluarga Buham tersebut adalah milik Mislani. Sementara itu, meski terjadi angin kencang, hewan ternak mereka yakni beberapa ekor kambing dan sapi berhasil terselamatkan. Dan dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

“Tadi kami telah memberikan bantuan sembako dan uang tunai kepada korban yang bisa di gunakan untuk kebutuhannya sehari hari,” pungkas Camat Kabat.

Berdasarkan pantauan di lapangan, peristiwa ini murni di akibatkan karena bencana alam angin kencang. Sebuah pohon jati berukuran sedang menimpa rumah korban, setelah di hantam angin cukup kencang yang terjadi wilayah setempat.

Akibat peristiwa naas yang di alaimnya, korban mengalami kerugian sebesar Rp 15.000.000.

About Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Check Also

Dana Desa Meningkat, Menteri Desa : Gunakan Untuk Berdayakan Ekonomi Masyarakat

radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah Pusat meminta setiap desa menggunakan dana desanya untuk memberdayakan ekonomi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *