Banyuwangi Hari Ini Kriminal & Hukum

Berawal Jadi Saksi, 2 Pemuda Muncar Malah Edarkan Pil Koplo

Ilex VIS
Written by Ilex VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi – Aparat Polsek Muncar Banyuwangi menangkap 2 pelaku pengedar pil koplo, dengan mengamankan barang bukti ratusan butir obat berbagai jenis.

Setelah mendapat laporan dari masyarakat, kepolisian melakukan pengawasan terhadap rumah Septiyan Hamsyah di kawasan Dusun Krajan RT 01 RW 15 Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar. Pasalnya, dari informasi yang berhasil di himpun kepolisian, di rumah pemuda berusia 25 tahun tersebut sering di ketahui banyak anak muda keluar masuk.

Kapolsek Muncar Banyuwangi, Kompol Toha Choiri mengatakan, setelah di lakukan pengembangan penyidikan di lapangan, ternyata memang benar di rumah tersangka selalu menjadi jujugan anak anak muda.

“Aparat kepolisian pun langsung melakukan penggerebekan sekaligus penggeledahan di rumah tersangka,” ujar Kapolsek.

“Dari hasil penggeledehan ini berhasil di temukan pil koplo jenis Tramadol dan Trihexyphenidyl sebanyak 31 butir dan uang tunai hasil penjualan sebesar Rp 341.000,” imbuhnya.

Dari sini, kepolisian kembali melakukan pengembangan penyidikan hingga tersangka mengaku mendapatkan obat obatan sediaan farmasi tersebut dari seorang pengedarnya yang lain, yang di akui bernama Aldi Maulana (25) bertempat tinggal di Dusun Muncar Baru RT 02 RW 03 Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar.

“Petugas pun meluncur ke lokasi dan saat di gerebek di rumahnya, pemuda yang kesehariannya bekerja sebagai karyawan Kafe BCL Kedungringin Muncar itu tidak bisa berkutik,” papar Kompol Toha.

Disini, kepolisian mengamankan barang bukti yang jauh lebih banyak. Yakni, 132 butir pil jenis Trihexyphenidyl dan 10 butir jenis tramadol. Serta 2 bungkus rokok dan uang hasil penjualan sebesar Rp 40.000. Kapolsek menjelaskan, kedua tersangka tersebut merupakan jaringan peredaran pil koplo di wilayah setempat bahkan ke luar kecamatan.

“Sebelumnya, mereka adalah sebagai saksi dari beberapa orang tersangka yang tertangkap lebih dulu. Tapi saat ini mereka yang berjualan pil koplo,” tutur Kapolsek.

Sementara, karena pengungkapan kasus ini di lakukan oleh jajaran Polsek Muncar maka penahanan kedua tersangka di lakukan di Mapolsek setempat.

Atas semua perbuatannya, kedua tersangka di jerat pasal 196 subsider pasal 197 UU RI nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

About the author

Ilex VIS

Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Leave a Comment