Home / Banyuwangi Hari Ini / Panwaslu : Segera Tertibkan Alat Peraga Kampanye Yang Terpasang Liar

Panwaslu : Segera Tertibkan Alat Peraga Kampanye Yang Terpasang Liar

Kewenangan penertiban alat peraga kampanye ini menjadi tugas panwas bersama satpol PP

Reporter : Daus VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten berharap, tim pemenangan pasangan calon di pilgub Jatim di Banyuwangi, segera menertibkan alat peraga kampanye yang terpasang secara liar atau tidak sesuai dengan peraturan KPU. Karena saat ini ditengarai masih banyak alat peraga kampanye yang pemasangannya tidak sesuai aturan.

Desakan tersebut diungkapkan oleh ketua panwaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid pada Selasa siang (20/2), saat menggelar rapat koordinasi dengan para pemangku kebijakan terkait rencana penertiban alat peraga kampanye yang terpasang secara liar.

Hasyim menuturkan, sejak 15 Februari kemarin, sudah masuk masa kampanye pasangan calon dalam Pilgub jatim. Namun saat ini masih marak terpasang alat peraga kampanye yang tidak sesuai aturan. Menyikapi hal tersebut, panwaslu melakukan rapat koordinasi dengan KPU, kepolisian, Satpol PP, Perijinan dan Kesbangpol Banyuwangi untuk menyatukan visi tentang penertiban alat peraga kampanye. Bahkan panwaslu juga mengundang hadirkan ketua asosiasi kepala desa atau Askab untuk membantu proses penertiban alat peraga kampanye yang terpasang di desa desa.

Hasyim menjelaskan, kewenangan penertiban alat peraga kampanye ini menjadi tugas panwas bersama satpol PP. Namun sebelum penertiban dilakukan, terlebih dahulu berkordiansi dengan KPU agar mengirimkan surat kepada tim pemenangan agar menertibkan alat peraga kampanye mereka yang menyalahi aturan. Dalam waktu satu kali dua puluh empat jam pasca KPU menyurati tim pemenangan, alat peraga tersebut belum juga ditertibkan oleh tim pemenangan, maka panwas bersama Satpol PP yang bertindak melakukan penertiban.

Panwas juga berharap, penertiban alat peraga kampanye liar ini, bisa segera dilakukan oleh tim pemenangan pasangan calon sendiri, dalam waktu satu minggu kedepan, sebelum alat peraga kampanye yang resmi dari KPU turun ke  masing masing tim pemenangan.

Sementara itu, komisiner KPU Banyuwangi Jamaludin menuturkan, sesuai dengan peraturan KPU, pengadaan alat peraga kampanye pilgub Jatim dibiayai oleh pemerintah dan dikoordinir oleh KPU Jatim, sekaligus pemasangannya. Namun untuk desain alat peraga kampanye seperti baliho, spanduk dan pamflet tersebut, diserahkan pada tim pemenangan masing masing pasangan calon. Tim pemenangan, tidak diperkenankan membuat alat peraga kampanye sendiri.

Sedangkan tempat pemasangan nya, juga sudah ditentukan oleh KPU. Karena ada sejumlah tempat yang tidak boleh dipasangi alat peraga kampanye. Jika ditemukan alat peraga kampanye yang tidak sesuai aturan, KPU akan mengirimkan surat kepada tim pemenangan pasangan calon untuk menertibkan sendiri, jika dalam waktu 24 jam tidak ditertibkan, maka langsung ditertibkan pawas bersama Satpol PP.

 

About Daus VIS

Check Also

Dana Desa Meningkat, Menteri Desa : Gunakan Untuk Berdayakan Ekonomi Masyarakat

radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah Pusat meminta setiap desa menggunakan dana desanya untuk memberdayakan ekonomi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *